Mengintip Ritual Kecantikan Affi Assegaf Selama #DiRumahAja
Bagi Affi, physical distancing memberikan kesempatan untuknya tak hanya untuk merawat kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental.
3 Jun 2020




Sejak dua bulan yang lalu, media sosial diramaikan dengan hadirnya tagar #DiRumahAja akibat virus COVID-19 yang semakin meluas di Indonesia. Para influencer juga ikut menyerukan kepada para followers-nya di media sosial untuk tetap di rumah, dan menyajikan sejumlah konten-konten menarik yang menghibur dan kadang mengedukasi. Walaupun hanya di rumah, bukan berarti kita tidak perlu menjaga kesehatan fisik serta mental.
 
Apakah penting untuk tetap rajin menggunakan perawatan kulit walaupun di rumah saja? Bagaimana dengan makeup?
Pakai skincare sih tetap perlu, karena kulit kan tetap perlu dirawat, baik saat kita beraktivitas di luar maupun dalam rumah. Kalau makeup menurutku tergantung, ada yang pakai makeup dan baju rapi biar jadi lebih semangat work from home, ada juga yang lebih memilih untuk tidak pakai sama sekali supaya tidak ribet, dan hitung-hitung mengistirahatkan kulit dari makeup.
 
Seperti apa ritual kecantikan dilakukan di rumah? Apakah momen #DiRumahAja membuat langkah penggunaan skincare menjadi lebih banyak?
Aku basically sama aja, dan memang lebih sering maskeran karena lebih banyak waktu. Maskernya bisa berbentuk splash mask yang mengandung Lactic Acid untuk pagi, kadang juga pakai sheet mask, dan malamnya pakai overnight mask. Kalau skincare rutinnya, pagi aku pakai pembersih, treatment essence, serum, krim mata, face oil, pelembap, dan sunscreen. Begitu juga di malam hari, yang berbeda hanya essence, pelembap dan sunscreen aku ganti menjadi toner dan krim malam.
 
Produk skincare dan makeup favorit kamu saat ini?
Kalau aku lagi suka Biologique Recherche Lotion P50 PIGM 500, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, Crème de La Mer, Femmue Gypsy Rose Calming Mask, dan Atelier Cologne Santal Carmin.
 
Seberapa pentingnya kegiatan berjemur di pagi hari?
Berjemur itu penting untuk mendapatkan Vitamin D yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita dan mencegah infeksi. Menurut Perdoski, waktu yang disarankan untuk berjemur di Indonesia adalah jam 09.00 pagi dengan maksimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Kalau kamu termasuk baru memulai, kamu bisa lakukan cukup 5 menit aja dan ditambah durasinya secara bertahap. Maksimal 15 menit selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Sebaiknya memang kita tetap menggunakan sunscreen di wajah, tapi biarkan tangan dan kaki kita terpapar sinar matahari
 
 
 

 
Selain itu, apa saja upaya Afii untuk tetap punya fisik dan mental yang sehat saat #DiRumahAja? Olahraga misalnya, atau dengan mengkonsumsi suplemen?
Saat ini aku justru berusaha serutin mungkin olahraga karena penting banget di saat ini kita melakukan apapun yang kita bisa untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh. Aku biasa olahraga barre atau yoga mengikuti video di YouTube. Kalau lagi bosan, aku mengikuti dance workout-nya Fitness Marshall di Youtube juga. Ini seru banget dan anakku juga jadi semangat ikut olahraga! Aku olahraga hampir setiap hari. Kalau lagi males banget at least yoga ringan selama 15 menit, cukup untuk bikin badan segar, pikiran lebih plong, dan rasa stress berkurang. Dan menurutku, makan makanan yang sehat dan bergizi lebih penting dibandingkan konsumsi suplemen.
Tapi kalau memang dokter menyarankan untuk minum suplemen sih tentunya anjuran itu harus kita ikuti. Aku juga minum beberapa jenis suplemen karena aku sendiri punya penyakit autoimmune dan dokterku meresepkan beberapa suplemen.  Tapi aku tetap mengusahakan makan makanandengan kandungan vitamin dan mineral yang seimbang.
 
Kegiatan apa saya yang akhirnya bisa dilakukan berkat #DiRumahAja?
Kalau aku spend quality time dengan keluarga. Karena seisi rumah ini biasanya selalu sibuk, jadi kita jarang banget punya waktu bersama. Tapi sejak social distancing, hampir tiap hari kita makan bersama, ngobrol, olahraga bersama, dan lain-lain. Aku juga jadi lebih sering masak dan membuat kue untuk anakku
 
Tips untuk tetap bugar walaupun #DiRumahAja?
Menurutku prioritas yang pertama saat ini adalah untuk tetap sehat baik fisik maupun mental. Sayangnya, tidak banyak yang bisa kita lakukan selain diam di rumah dan menjaga jarak dari orang lain. Di luar itu, kita jangan terlalu memberi tekanan ke diri kita untuk terlihat cantik, atau harus selalu produktif dan positif. (NDR) Foto: Dok. Affi Assegaf
 

 

Author

DEWI INDONESIA