4 Tipe Teh dan Manfaatnya
Kenali empat ragam teh berikut manfaat baiknya.
3 Nov 2014


Siapapun mengenal teh sebagai seduhan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Tak hanya berkhasiat tinggi, teh juga merupakan minuman kosong kalori, jika Anda tidak menambahkan gula tentunya. Pastikan Anda tidak lupa meminumnya hari ini.

1.    Teh Putih
Teh putih bisa dibilang sebagai teh yang paling langka di dunia karena cara panennya yang hanya dilakukan dalam minggu-minggu pilihan di setiap tahun. Pemrosesannya sangat minim dan tidak melalu tahap fermentasi. Suatu riset menunjukkan bahwa teh putih memiliki potensi paling besar sebagai agen anti kanker.
2.    Teh Hijau
Sebagai jenis teh yang paling sering dipelajari dalam riset, diketahui daun teh hijau memiliki zat EGCG (zat pendukung kesehatan otak) yang tinggi. Antioksidan dalam teh hijau juga merupakan yang tertinggi dibanding 3 tipe teh lainnya. Kedua zat bekerja sebagai agen anti kanker, mencegah otak dari penyakit seperti Alzheimer dan stroke, juga membantu dalam mengatasi kolesterol.
3.    Teh Hitam
Jenis ini yang paling umum beredar dalam bentuk teh instan, karena teh hitam menjadi dasar untuk banyak flavored teas seperti Chai dan Earl Grey. Teh hitam mengandung kafein tertinggi dibandingkan tipe lainnya dan dapat melindungi paru-paru dari efek samping rokok serta juga menurunkan risiko terserang stroke.
4.    Teh Oolong
Satu riset menunjukkan teh oolong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Salah satu teh yang masuk ke dalam keluarga oolong, Wuyi, dipercaya dapat melangsingkan. Namun demikian, belum ada penelitian yang membuktikan klaim tersebut. (YEA). Foto: Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA