Akselerasi Metabolisme
Cara mempercepat proses metabolisme tubuh untuk menurunkan berat badan.
22 Jan 2013


Sampai di titik tertentu dalam hidup Anda bisa jadi  Anda menyadari bahwa fungsi metabolik yang dimiliki oleh tubuh Anda tidaklah sama dengan yang lain. Dan memiliki proses metabolisme yang lambat tidak berarti Anda ditakdirkan memiliki tubuh dengan bobot berlebih. Barry Goldstein, M.D., Ph.D., yang mengepalai bagian Endokrinologi di Jefferson Medical College, Philadelphia, mengungkapkan bahwa proses metabolisme tersebut dapat dipercepat dengan mengubah gaya hidup Anda, yaitu dengan meninjau kembali apa dan bagaimana Anda mengonsumsi makanan, termasuk juga meningkatkan aktivitas Anda. Simak berikut ini.
* Mengurangi asupan karbohidrat. Tak perlu menghilangkannya sama sekali karena bisa jadi Anda justru akan mendapatkan masalah lain. Melainkan pilih karbohidrat kompleks dan perbesar porsi protein.
* Makanlah secukupnya. Tidak terlalu banyak tapi juga tidak terlalu sedikit karena justru dapat membuat tubuh menjadi kelaparan dan berakibat water retention (pembengkakan yang disebabkan oleh air) atau bahkan metabolisme yang semakin melambat.
* Lakukan olahraga sederhana selama 30 menit setiap hari. Proses metabolisme dapat ditingkatkan dengan menambah aktivitas Anda, cukup dalam intensitas sedang seperti berjalan cepat, mengangkat kaki, dan lain sebagainya. Lakukan secara teratur dan seiring dengan berjalannya waktu ketika Anda mulai terbiasa, Anda dapat meningkatkan intensitasnya secara perlahan. (NV) Foto: dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA