Cara Mencuci Rambut yang Benar
Sama halnya dengan kulit wajah, merawat rambut juga mempunyai caranya tersendiri.
19 Apr 2014


Merawat rambut hampir sama seperti merawat kulit wajah. Kita harus mengenal terlebih dahulu jenis rambut maupun jenis kulit kepala dan memilih sampo yang paling tepat  untuk mengatasi permasalahan serta menjaga kesehatannya. Berikut beberapa tip untuk mencuci rambut.
1.    Mengetahui kapan memakai air hangat atau dingin
Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut berminyak lebih baik keramas menggunakan air hangat. Sebaliknya, jika Anda mempunyai rambut kering lebih baik mencuci rambut dengan menggunakan air dingin.
2.    Intensitas keramas
Jika Anda mempunyai rambut berminyak atau sering melakukan olahraga, keramas setiap hari memang dibutuhkan. Akan tetapi jika rambut Anda cenderung kering atau mengembang cukup keramas 2-3 hari sekali.
3.    Menyisir rambut sebelum keramas
Menyisir rambut secara perlahan sebelum keramas akan mengurangi potensi rambut untuk rontok pada saat keramas. Persiapkan lebih dahulu rambut yang sudah terbebas dari kusut sebelum keramas.
4.    Jangan menggunakan sampo berlebihan
Semua hal yang berlebihan cenderung tidak baik, begitu juga dengan penggunaan sampo yang berlebihan dapat mengakibatkan rambut menjadi kering.
5.    Tambahkan pijatan ringan
Setelah sampo tersebar merata, bukannya menggaruk kepala, Anda dapat memijatnya secara perlahan menggunakan ujung jari agar sampo terserap lebih maksimal dan Anda dapat relaks sejenak.
6.    Jangan memakai air panas
Bagi Anda yang gemar mandi dengan air panas, hindari temperatur air yang terlalu panas  karena dapat menyebabkan rambut menjadi kering, sebaiknya gunakan air hangat.
7.    Sampo dan kondisioner
Gunakan sampo pada akar dan kulit rambut serta kondisioner hanya di ujung rambut. Hindari pemakaian kondisioner pada akar rambut terutama bagi Anda yang mempunyai rambut berminyak karena akan membuat rambut Anda lebih berminyak dan lepek. (EU) Foto: Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA