Khasiat Serat
Makanan berserat ampuh untuk menurunkan berat tubuh dan mencegah kanker.
19 May 2013


Jika penurunan bobot tubuh secara alami sekaligus pencegahan terhadap penyakit kanker mulai menjadi ritual dalam program menu Anda sehari-hari, maka  masukkan bahan makanan tinggi serat ke dalamnya. Menurut para pakar nutrisi dan kesehatan, mengonsumsi bahan makanan berserat tinggi sekitar 25 sampai 30 gram sehari tidak hanya membuat perut terasa kenyang lebih lama akibat asupan kalori yang cukup, tapi juga mencegah pembentukan sel-sel kanker payudara dan usus. Berikut beberapa jenis makanan yang dewi sarankan untuk Anda  dan juga enak dikonsumsi.

Avokad
Irisan avokad sebanyak 6,7 gram pada salad menyumbangkan lemak baik yang dapat membantu pembakaran lemak perut.

Raspberry
Selain  kaya akan vitamin C dan antioksidan, secangkir buah raspberry hanya terdiri dari 64 kalori dan mengandung serat. Masukan buah ini ke dalam sereal atau smoothies.

Kacang Merah
Sepuluh gram kacang merah yang Anda makan mengandung serat sekaligus lemak baik.
 
Biji Chia
Satu sendok makan atau sekitar enam gram biji chia mengandung protein, omega-3, kalsium, dan serat yang cocok dicampurkan pada sereal atau  smoothies di waktu sarapan.

Barley
Ingin menurunkan kadar kolesterol? Anda bisa mengonsumsi secangkir atau lebih dari enam gram barley yang telah dimasak yang menyumbangkan sekitar 3,5 gram protein. Nikmat disajikan sebagai campuran sup sayuran.

Brokoli
Cukup konsumsi secangkir brokoli untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan serat sebanyak 5,1 gram.

Pir
Ukuran sedang buah pir tak hanya memenuhi lebih dari 100 kalori, tapi juga memenuhi sebanyak 5,5 gram serat.
 
Lentil
Anda bisa mencampurkan setengah cangkir lentil merah pada sup tomat, yang akan memberikan 7,8 gram atau sekitar 300 kalori serat, zat besi, dan vitamin B.

Artichoke
Sebuah artichoke berukuran sedang mengandung 64 kalori dan antioksidan tinggi yang membantu menjaga fungsi hati.

Kacang Polong
Secangkir kacang polong atau 8,8 gram per saji mengandung protein nabati tinggi sekitar 8.2 gram. Campurkan ke dalam casseroles, sup, dan pasta.(FF). Foto: Dok. Corbis


 

Author

DEWI INDONESIA