Menghapus Waterproof Make-up
Membersihhkan waterproof make-up perlu mendapat perhatian lebih agar kulit tetap terawat.
30 Jan 2013


Dengan segala kehebatannya, waterproof make-up memang sangat berguna bagi wanita super sibuk dan aktif. Namun di balik itu harus diakui bahwa formulasi dari riasan ini cukup keras untuk kulit sehingga tidak disarankan sebagai pemakaian sehari-hari. Label water resistant yang juga banyak ditemukan pada kosmetik memiliki komposisi yang lebih ringan. Pada make-up jenis ini memang tidak tahan terhadap air, tetapi lebih pada kemampuannya untuk tahan lama terhadap cuaca yang lembap. Dengan begitu riasan tipe ini lebih memungkinkan untuk dikenakan secara rutin. 

Berikut tip untuk menyiasati pemakaian waterproof make-up agar kulit tetap terawat.

1. Gunakan pembersih khusus. Karena waterproof make-up justru dimaksudkan untuk bertahan lama, maka dibutuhkan pula pembersih yang secara khusus berfungsi untuk menghapusnya tanpa perlu menggosoknya kuat-kuat. Hampir semua make-up remover terdiri dari air dan juga minyak. Dan minyaklah yang memegang peranan dalam meluruhkan riasan yang menempel di kulit. Karenanya saat Anda membersihkan wajah dari riasan, terlebih lagi yang waterproof, pilih pembersih yang memiliki rasio minyak lebih besar dan tak memiliki tambahan aroma.

2. Kenakan moisturizer setelahnya. Pembersih wajah untuk riasan waterproof memang ditujukan untuk membuang minyak yang terdapat di dalam riasan tersebut, sehingga lapisan sebum alami yang dimiliki oleh kulit pun akan turut terhapus tanpa kecuali. Oleh karenanya jangan lupa selalu untuk membubuhkan moisturizer sesudahnya agar kadar kelembapan kulit tetap terjaga.

3. Kurangi pemakaian waterproof makeup. Penggunaan pembersih khusus riasan waterproof ini dalam jangka panjang dan tanpa penanganan yang tepat dapat mengakibatkan penuaan dini dimana kulit menjadi kering dan berkerut sebelum waktunya. Maka kurangi pemakaian waterproof make-up hanya pada acara-acara spesial dan bukan untuk pemakaian sehari-hari. (NV) Foto: dok. dewi

 

Author

DEWI INDONESIA