Ragam Diet
Berikut empat alternatif diet, dari Food Combining hingga Obsessive Corbuzier?s Diet, yang bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang.
17 Sep 2013


FOOD COMBINING Dalam diet yang satu ini ada berbagai jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Misalnya karbohidrat dan protein, kacang-kacangan dan keju, pisang dan susu, hingga yoghurt dan buah.

DIET RENDAH GULA Fokus utama dari diet ini adalah agar Anda lebih memilih karbohidrat yang sehat seperti misalnya kacang-kacangan dan sayuran tak bertepung, serta menghindari karbohidrat yang kurang sehat seperti nasi, kentang dan roti. Diet rendah gula juga akan menyarankan agar Anda lebih banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi.

SOUTH BEACH DIET Ada tiga tahapan dalam diet ini. Tahap pertama yang wajib dijalani selama 14 hari bertujuan untuk mengeliminasi asupan gula dan karbohidrat ke dalam tubuh. Tahap kedua Anda mulai diperbolehkan untuk menikmati berbagai makanan lain seperti buah, padi-padian, dan sayuran. Pada tahap ketiga Anda boleh menikmati semua makanan, dalam porsi yang tidak berlebihan.

OBSESSIVE CORBUZIER’S DIET (OCD) Diet yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier tersebut memiliki pakem yang sedikit berbeda dengan kebanyakan diet. Pertama, OCD membolehkan kita untuk makan malam, tapi melarang makan pagi. Selanjutnya, menjalankan puasa adalah sebuah keharusan, di mana kita hanya dibolehkan untuk makan selama delapan, enam, atau empat jam dalam waktu sehari. Jadi seandainya Anda mengambil waktu makan delapan jam dan memutuskan untuk mulai makan pada jam 12 siang, maka Anda harus berhenti makan pada jam delapan malam. Selama masa puasa Anda juga tidak diperbolehkan mengonsumsi kalori apapun juga, dan hanya diijinkan untuk minum air putih, teh, atau apapun juga yang tidak mengandung kalori. Untuk penurunan berat badan yang lebih cepat, lakukan puasa 24 jam sebanyak 1 – 2 kali dalam seminggu. Diet ini bisa dikatakan sebagai modifikasi dari Calorie Restriction Diet yang telah disesuaikan dengan gaya hidup sang pesulap. Anda tertarik untuk mencobanya?

Untuk melengkapi ilmu diet Anda, baca mitos vs fakta diet di majalah Dewi edisi September 2013.

 

Author

DEWI INDONESIA