Siasat Makan Sehat Saat Pesta Imlek
Jangan sampai Anda merasa bersalah sehari setelah pesta karena terlau banyak makan berlemak
9 Feb 2013



Waktunya berpesta Imlek sudah di depan mata. Makanan-makanan khas oriental dari yang otentik hingga yang sudah dikemas dalam resep moderen disajikan di ruang keluarga. Sambil mengobrol dengan saudara dan kerabat, tidak terasa Anda sudah mengonsumsi menu berlemak yang selama ini Anda hindari. Coba pikirkan lagi, berapa banyak bebek panggang, udang goreng gandum, dan abalon yang Anda konsumsi di pesta? Berikut siasat untuk mengatur pola makan saat jamuan Tahun Baru Cina agar Anda bisa tetap berpesta tanpa menambah bobot tubuh. 

1. Tetap makan sebelum berpesta
Mungkin Anda berpikir bahwa tidak apa makan banyak saat pesta Imlek asalkan beberapa jam sebelumnya tidak mengonsumsi apapun. Sayangnya, Anda salah. Terlambat makan justru akan membuat Anda lupa dengan hitungan kalori dan tidak mengontrol asupan makanan saat di pesta. Justru, Anda disarankan mengonsumsi makanan rendah lemak saat sarapan dan makan siang. 

Tip: Untuk sarapan, konsumsi sereal gandum dengan susu rendah lemak, minum jus buah segar saat siang hari, lanjutkan makan siang dengan salad dan sayuran kaya serat yang membuat Anda merasa kenyang. Hasilnya, perut Anda tidak terlalu kosong untuk kemudian “kalap” mengonsumsi makanan menggiurkan yang disajikan saat pesta Imlek.

2. Dessert, kenapa tidak?
Tahun Baru Cina tidak pelak dari dessert yang khas. Klappertaart, kue mangkok, kue keranjang atau bakpao memang menggemaskan untuk dinikmati, tetapi ingat, semakin manis makanan, berarti semakin besar kalori yang dikandungnya. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mencicipi satu pun dessert yang menggemaskan ini. 

Tip: kontrol asupan dessert yang Anda konsumsi. Nikmati tiap gigit yang Anda konsumsi dan jangan terburu-buru untuk mengambil porsi kedua. Isi sebagian besar piring dessert Anda dengan buah-buahan dan sayuran yang mengenyangkan.

3. Pentingnya konsumsi air mineral
Air mineral sangat penting untuk metabolisme tubuh. Konsumsi air yang baik dapat membuat racun dan ampas makanan terbuang lebih cepat. Nilai tambahnya, Anda akan mudah kenyang.

Tip: Selingi konsumsi makanan dan minuman beralkohol dengan air mineral. Apabila ada acara minum teh bersama, pastikan Anda tidak menambahkan gula pada teh dan gunakan sebagai pengganti air mineral selama pesta. (CH) Foto: dok. corbis

 

Author

DEWI INDONESIA