Bukan Destinasi Biasa
Manjakan sisi petualang diri Anda dengan berlibur ke Myanmar hingga Azerbaijan.
3 May 2013


Kuil Golden Rock di Myanmar
1 / 6
Beberapa negara ini bukanlah tujuan berlibur Anda yang biasanya. Tapi simak apa yang ditawarkannya, sehingga Anda perlu melihatnya setidaknya sekali dalam seumur hidup.

MYANMAR
Negeri yang kaya batu permata, minyak, dan gas alam ini mulai membuka diri seiring situasi politiknya yang berubah. Salah satu kota tuanya, Bagan, dikatakan memiliki kompleks pagoda dan candi yang keindahannya bersaing dengan Angkor Wat.

NEPAL
Destinasi impian penggiat meditasi, hiking, dan trekking. Kathmandu menawarkan atraksi kuil dan stupa bersejarah. Kota lainnya seperti Pokhara tersembunyi di suatu sudut lembah bernama sama, berlatar pemandangan Himalaya.

UZBEKISTAN
Uzbekistan yang secara geografis terletak di jalur sutera, jalur perdagangan masa lalu antara Eropa dan Asia, pernah pula menjadi pusat peradaban Islam. Peninggalan sejarah dan kebudayaannya, siap menjadikannya destinasi wisata glamor masa kini.

AZERBAIJAN
Negeri di pesisir Laut Kaspia ini berbatasan dengan empat negara yaitu Rusia, Iran, Georgia, dan Armenia. Kalau belakangan ini banyak orang sering menikmati hidangan khasnya di Moskow, maka kini saatnya mendatangi langsung Azerbaijan yang dikenal dengan rempah-rempah wanginya. Budaya Azerbaijan yang tercatat sebagai negara mayoritas Islam pertama dengan pertunjukan opera dan teater, tentunya juga menarik untuk disimak. Sempatkan membeli kaviar yang dihasilkan Laut Kaspia, khususnya tipe Beluga, sebagai buah tangan.

Untuk tip persiapan berangkat ke Myanmar, Nepal, Uzbekistan dan Azerbaijan serta panduan tempat-tempat wajib kunjungnya, baca majalah dewi edisi Mei 2013.


(DI/MA/MUT) Foto: Corbis, Dok. Dewi

 

Author

DEWI INDONESIA