Rayu Bahagia Austria
Menikmati waktu sambil sedikit demi sedikit menyerap ketenangan. Bukankah itu tujuan liburan yang sebenarnya?
22 Mar 2020



Mereguk Hangat Natal
Eisenstadt adalah Ibu kota Burgenland, provinsi terkecil Austria yang berada dekat perbatasan Hungaria. Jarak Vienna dan Eisenstadt sekitar satu jam menggunakan kereta, setengah jam dengan mobil, atau 20 menit naik kapal dari Vienna ke Neusiedl. Suasana di Eisenstadt sangat tenang karena jauh dari keramaian turis. Entah untuk perjalanan satu hari atau menghabiskan akhir pekan, Eisenstadt bisa menjadi alternatif destinasi untuk mencari pengalaman yang berbeda.

Sebagai penghasil anggur merah, hamparan pemandangan perkebunan anggur terpampang nyaris di sepanjang jalan. Kami mampir ke Esterhazy Palace, Haydn Church, dan Haydn House. Ketiganya berkaitan dengan komposer Joseph Haydn. Ia pernah bekerja di sini dan banyak memainkan karyanya di balai konser Esterhazy Palace. Istana Esterházy adalah saksi menakjubkan dari kehidupan Pangeran Esterházy yang gemerlap. Kini, fungsi istana berkembang menjadi ruang budaya, perayaan, dan acara sosial. Di dalam Gereja Haydn terdapat makam Joseph Haydn dan alat musik organ yang digunakannya untuk bermain. Sedangkan Haydn House merupakan tempat tinggal komposer Joseph Haydn dan telah dijadikan museum.

Perayaan Natal di Austria sudah dimulai pada pukul empat sore sampai waktu tengah malam pada tanggal 24 Desember. Berbeda dengan di Inggris, tempat tinggal saya, yang mengawali Natal pada tanggal 25 Desember. Pagi sebelum sekeluarga berkumpul menjelang malam Natal, saya dan suami menyempatkan berjalan kaki sambil menikmati suasana di seputar taman. Kebetulan rumah yang kami tempati berada persis di depan taman tersebut. Suasananya begitu tenang, cenderung sepi, mungkin karena penduduknya sudah sibuk mempersiapkan Natal malam nanti. Hanya nampak beberapa pasangan bersama anjing mereka dan kakek dan nenek bersama cucu duduk di kursi taman yang menghadap ke kolam. Mereka memberi makan bebek di kolam dengan roti kering. Kami pun lanjut menikmati berjalan kaki santai di Schollspark sambil sedikit demi sedikit menyerap kesunyian yang menghasilkan ketenangan. Bukankah itu yang menjadi tujuan liburan yang sebenarnya?

Kesibukan di dalam rumah hadir dari keterlibatan semua orang mendandani pohon Natal dengan kue jahe buatan sendiri. Kehangatan dan kebahagiaan ini memberikan kami pengalaman Natal berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain berlibur bersama keluarga ke tempat baru. Kami pun bisa merasakan tradisi Natal sekaligus menikmati hidangan khas Austria.

 


Topic

Travel

Author

DEWI INDONESIA