Iwan Tirta Rilis Koleksi Raya 2023 Bertajuk “Pranargya”
Dalam bahasa Sansekerta, “Pranargya” memiliki arti “cinta tanpa batas”. Iwan Tirta Private Collection kemudian menginterpretasikannya sebagai simbol rasa syukur terhadap Sang Pencipta atas segala karunia-Nya untuk koleksi Raya 2023.
16 Mar 2023




Iwan Tirta Private Collection
merilis koleksi bertajuk “Pranargya” dalam rangka menyambut perayaan Idul Fitri 2023. Kata “Pranargya” sendiri dalam Bahasa Sansekerta memiliki arti secara harafiah “cinta tanpa batas”. Hal ini kemudian diinterpretasikan oleh tim kreatif Iwan Tirta Private Collection sebagai simbol rasa syukur terhadap Sang Pencipta atas segala karunia-Nya. Koleksi ini sekaligus menjadi koleksi Raya untuk tahun 2023.



Koleksi Pranargya ini terinspirasi dari pola geometris khas Mediterania yang dikombinasikan dengan stilisasi motif floral khas Iwan Tirta. Keindahan kepuluan dan lautan Mediterania sendiri dikenal sebagai kawasan perairan yang terletak di antara bagian dari 3 benua, yaitu Eropa, Afrika, dan Asia. Nama “Mediterania” yang berasal dari istilah Latin, mediterraneus, diartikan sebagai tengah bumi. Beberapa masyarakat yang tinggal di kawasan ini diantaranya adalah suku bangsa Yunani, Mesir, dan Roma Kuno, sehingga menghasilkan banyaknya pertemuan budaya. Akhirnya, kawasan Mediterania memiliki kekhasan budayanya tersendiri, termasuk juga pada pola-pola geometrisnya yang banyak ditemui pada arsitektur dan interior, mulai dari jenis motif hingga palet warna.

Iwan Tirta kemudian membuat sebanyak dua puluh lima set busana untuk pria dan wanita yang dapat dijadikan sebagai pilihan gaya saat merayakan hari raya Idul Fitri yang akan datang. Beragam potongan koleksi, hadir dalam dominasi warna biru, krem, dan abu-abu. Warna hitam yang klasik juga dapat ditemui dalam rangkaian koleksi ini. 

Kombinasi motif dan warna khas kawasan Mediterania dan Iwan Tirta kemudian diterjemahkan ke dalam beragam atribut dan potongan untuk menunjang gaya hidup modern dan dinamis dengan tetap memperhatikan kesakralan hari raya. Untuk busana pria, Iwan Tirta menampilkan kemeja yang diberi aksen kerah V-shape, berbentuk kerah Mandarin, hingga terinspirasi model kimono, atau camp hingga stand collar yang konstruktif. Sedangkan untuk koleksi wanita, berbagai pilihan maxi dress, tunik, dan luaran, dengan material sutra tenun, sutra satin, hingga katun dihiasi dengan motif batik tulis khas Iwan Tirta.

CARRA NETHANIA

Foto: Iwan Tirta

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA