Wawancara Eksklusif: Cristophe Lemaire dan Arahan Visi Baru Uniqlo U
Perbincangan dengan Christophe Lemaire terkait koleksi terbaru Uniqlo U, proposisi LifeWear, dan kebebasan berbusana.
13 Mar 2020


Koleksi musim semi-panas 2020 dari Uniqlo U.

 

Apa makna LifeWear bagi Anda?

Saya datang dari latar belakang high-fashion. Di mana yang sebenarnya mayoritas di tim saat ini yang berada di Perancis juga demikian. Kami belajar banyak dari pengalaman ini, lewat estetika, kualitas, dan perbaikan. Tetapi yang terpenting saat ini kami semua berkeinginan untuk membuat sebuah gaya dan juga memperhatikan kualitas bagi semua pemakai.

Kami sangat merasa terhormat bisa bekerja dalam payung demokrasi Uniqlo yang sangat baik. Dan, satu hal yang kami sangat senangi tentang Uniqlo U adalah kami berharap untuk membawakan sebuah gaya, yang relevan dan memiliki kualitas. Namun, untuk harga tetap dapat dijangkau. Ini adalah sebuah keunggulan untuk menjadi bagian dari keluarga sistem Uniqlo, dan memiliki peluang untuk bisa mencapainya. 
 

Satu fokus penting yang terdapat pada koleksi ini adalah denim, benarkah?

Ya, tepat sekali. Kami memang sedang mencari denim untuk jenis kaki yang lurus, menjulang. Pun, kami menawarkan alternatif untuk bentuk dan lekuk yang pernah kami buat sebelumnya, di mana jenis carrot fit yang telah terbukti sangat berhasil memikat. Peran kami di pusat riset dan pengembangan di Paris sendiri adalah untuk melanjutkan eksplorasi berbagai pilihan baru, baik untuk laki-laki dan perempuan, kami merasa bahwa ada kebutuhan khusus untuk jenis kaki jenjang. Terlebih untuk pembuatan siluet baru untuk itu.

Sebagai tambahan, untuk menghadirkan tampilan denim yang rupawan, kami bekerja sama dengan tim dari Los Angeles yakni Jeans Innovation Center (JIC). Kami juga tertarik dengan kain satin, di mana kami menawarkan produk Trucker Jacket. Ini adalah sebuah produk dari material satin yang sangat baik di mana kami pun menyebutnya ‘moleskin’, tetapi tidak untuk disikat, dan tersedia dalam beberapa warna.

Untuk perempuan, kami mengolah kain satin ini untuk ditawarkan pada beberapa gaya yang hadir dalam beberapa lekuk desain yang unik. Sedangkan bagi laki-laki, kami menawarkan jaket dengan empat-kantong yang dihadirkan dari beberapa olahan denim yang berbeda-beda.

 

Christophe Lemaire ingin busana koleksi Uniqlo U dapat menghadirkan kebebasan bagi para pemakainya. Bebas untuk beraktivitas dan memberikan kenyamanan.



Mengapa kain satin?

Kain satin adalah material klasik yang sudah sering digunakan untuk pembuatan busana kerja, begitupula dengan denim. Oleh karena itu, kami bersama para pemasok bekerja sama untuk mengembangkan kualitas kain satin. Bergelut seputar kain satin, yang harus diketahui adalah ia akan menua dengan sangat indah, semakin sering dipakai, akan semakin terlihat hidup.
 

Apakah ini adalah bahan pakaian yang akan dikembangkan untuk koleksi musim semi-panas 2020?

Ya, kami bekerja keras dengan para pemasok kami untuk bisa mencapai hasil yang sempurna dan berbobot. Ini penting untuk terus mengingat bahwa bagi kami setiap bahan pakaian yang dipilih pastinya akan menua dan kadang usang. Saya sendiri percaya bahwa sekarang sangat penting untuk bisa menawarkan pakaian apa pun itu yang dapat disimpan dan dipakai, hingga jangka waktu yang sangat lama.

Kita juga perlu berbicara mengenai persoalan ekologis, di mana Anda diharuskan untuk membeli barang seminim mungkin, tetapi kualitasnya tetap baik. Untuk membeli barang yang baik apa pun itu, memang seharusnya tidak untuk dibuang. Bukan sesuatu yang Anda bisa buang entah ke mana setelah musim tersebut selesai, misalnya. Kami tidak tertarik dengan tren terkini mode, dan kami berharap untuk membuat produk kontemporer yang memang kita semua butuhkan.

 

 


Topic

Fashion News

Author

DEWI INDONESIA