9 Hal yang Perlu Dipersiapkan Penderita COVID-19
Penderita COVID-19 dengan gejala ringan dapat merawat diri sendiri di rumah. Asal disertai dengan persiapan yang matang.
3 Apr 2020


 

3. Air bersih

Seperti kebanyakan infeksi yang disebabkan oleh virus, penderita gejala ringan COVID-19 perlu memastikan kenyamanan tubuh ketika tubuh sedang dalam proses penyembuhan. Hal itu dilakukan dengan menjaga kadar air yang kita perlukan terpenuhi. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dalam situsnya menyatakan konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau dua liter. Makanan juga dapat menjadi sumber air untuk tubuh, terutama buah dan sayur. Jika Anda perlu berbagi air minum dengan anggota keluarga lain di rumah, siapkan botol minum khusus untuk Anda sendiri. Ini akan meminimalisasi kemungkinan penularan virus sekaligus mengukur air yang masuk ke tubuh.

4. Obat-obatan

Ketika tubuh berperang melawan virus, Anda mungkin merasakan hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman. Obat-obatan yang dijual bebas seperti obat sakit kepala (tergolong pain killer) dan obat batuk dapat Anda siapkan. Semuanya belum tentu dapat membantu kesembuhan Anda 100 persen tapi dapat memberikan rasa nyaman. Obat-obatan pribadi sangat krusial disiapkan terutama jika Anda memiliki penyakit bawaan seperti asma. 

Selain yang berfungsi mengatasi rasa sakit, penunjang kesehatan seperti vitamin C dan obat herbal yang bersifat tradisional seperti jahe dan kunyit juga dapat Anda siapkan. Vitamin C dapat membantu kerja sistem imunitas tubuh sedang jahe memiliki kemampuan melawan demam dan meredakan masalah terkait lambung. Sementara kunyit memiliki ratusan bahan kimia aktif dan pereda rasa sakit yang hebat. Untuk terus memantau suhu tubuh, penderita COVID-19 dikatakan mengalami demam dengan suhu tubuh rata-rata 38 derajat, siapkan termometer pribadi untuk mengukur suhu dua kali sehari.

5. Produk pembersih rumah

Bersihkan rumah, terutama area Anda mengisolasi diri, secara berkala dengan produk-produk pembersih penunjang yang dapat membantu mengeliminasi virus. Pastikan permukaan benda-benda yang sering disentuh selalu dalam keadaan bersih.

6. Seprei, handuk, pakaian ekstra

Permukaan benda dapat dibersihkan menggunakan disinfektan, namun pakaian, seprei, dan hand perlu dicici dengan air panas secara terpisah sebelum digunakan kembali.

 

Author

DEWI INDONESIA