Siapkah Indonesia Kembali Membuka Pariwisata?
Meski aturan mainnya belum benar-benar dibahas tuntas. Kegiatan-kegiatan ekonomi diizinkan kembali bergeliat, termasuk pula pariwisata. Lalu seberapa siap kita untuk kembali membuka pariwisata?
15 Jul 2020


 



Dalam proses pemulihan sektor wisata ini, pemerintah berfokus pada sektor lokal. Bukan hanya soal kewenangan untuk membuka kembali wilayah. Tetapi juga soal pasar turisme yang diincar. Ari menjelaskan betapa pemerintah pusat berfokus untuk membawa wisatawan-wisatawan domestik kembali menjelajah destinasi-destinasi wisata Tanah Air.
 
“Karena kalau internasional ini sangat tergantung dengan kebijakan pemerintah masing-masing tentang akses masuk dan keluar negara mereka,” jelas Ari. Dan saat ini memang kebanyakan semua masih membatasi akses mobilisasi orang hanya di dalam wilayah negara atau regional mereka. Itu pun masih dengan protokol kesehatan yang amat ketat.

Namun untuk mewujudkannya tentu diperlukan lebih dari sekadar pamer keindahan destinasi wisata. Para wisatawan domestik pun perlu diyakinkan benar soal keamanan dan keselamatan mereka ketika akhirnya memutuskan untuk berwisata. Jangan sampai kemudian niatan berpelesir berujung penyakit. Untuk itu kesiapan SOP atau protokol kesehatan menjadi hal yang amat krusial di berbagai lini. Mulai dari moda transportasi, fasilitas akomodasi, hingga sampai di destinasi.

 

 

Author

DEWI INDONESIA