Magnet Museum Van Gogh
Daya tarik karya pasca-impresionis Vincent Van Gogh kian menguat.
31 Aug 2012


15 Agustus 2012 menjadi hari bersejarah bagi museum Vincent van Gogh di Belanda. Pada hari itu pihak museum kedatangan pengunjung yang ke-1 juta untuk tahun kunjungan 2012. “Di antara para pecinta seni yang berkunjung ke museum, 88% berasal dari luar negeri dan 11% dari Belanda,” jelas Axel Rüger, direktur Van Gogh Museum. Selama lima tahun belakangan, proporsi pengunjung domestik memang hanya berkisar 9-13 persen. Sementara pengunjung luar negeri yang semakin naik jumlahnya datang dari Australia, Inggris Raya, Rusia, Brazil, hingga Cina.

Museum dengan 47 ribu jumlah penggemar Facebook ini memang menjadi magnet bagi pecinta seni dari seluruh dunia. Tak heran jika pihak pengelola terus mengembangkan pelayanannya. Salah satu bangunannya Museumplein akan mengalami renovasi mulai September mendatang, dan direncanakan selesai pada Mei 2013, saat mengadakan pameran besar menyambut ulang tahun museum yang ke-40 tahun.

Vincent van Gogh, pelukis asal Belanda itu terkenal memang dikenal sebagai tokoh dalam lukisan aliran pasca-impresionisme. Goresan lukisannya menampilkan kecantikan yang apa adanya, kejujuran emosi, dan warna-warna tegas. 

(RZ)

 

Author

DEWI INDONESIA