Ulang Tahun Lego
Mereka merayakan Lego dengan bermacam cara, sesuai imajinasi masing-masing.
16 Aug 2012


Siapa yang tidak kenal dengan mainan bata mini ini? Lego mungkin menjadi salah satu memori indah masa kecil Anda. Pada 10 Agustus lalu, Lego memperingati ulangtahunnya yang ke-80. Berbagai kegiatan digelar oleh perusahaan yang kini dipimpin oleh cucu sang pendiri, Kjeld Kirk Kristiansen ini. Mulai dari pameran yang merangkul partisipasi berbagai seniman, arsitek dan desainer dunia, hingga peluncuran video spesial ulang tahun.

Riset menunjukkan, 99% arsitek setidaknya pernah menyukai Lego. Oleh karena itu, banyak koleksi Lego yang bertema arsitektur. Bagaimana dengan dunia seni? Logika sederhana dari tautan bahan sintetis itu menjadi simulator imajinasi. Salah satu realisasi dari imajinasi itu adalah film yang dibuat pada ulang tahun itu.

Lego memang tidak semata menjadi bentuk mainan untuk anak kecil. Produk asal Denmark ini sudah menjadi ikon budaya, terlebih setelah meluncurkan berbagai konstruksi yang mewakili berbagai bangunan yang tersebar di seluruh dunia. Tak sedikit orang dewasa yang juga merasa tertantang untuk menyelesaikan sebuah konstruksi rumit sebuah varian produk seperti LEGO VW T1 camping bus. Berawal dari industi rumahan, saat ini Lego sudah menjelma menjadi perusahaan dunia dengan jumlah karyawan sekitar 10 ribu orang dan tercatat sebagai manufaktur produk mainan ketiga terbesar di dunia. (RZ)

Foto: dok. Lego Video: Lego

 

Author

DEWI INDONESIA