5 Tip Mudah untuk Punggung Mulus
Usir jerawat yang tumbuh di punggung Anda agar siap mengenakan gaun backless di akhir pekan
1 Feb 2013


Jerawat pada punggung memang menjadi salah satu pengganggu kecil yang bisa berakibat fatal pada penampilan. Belum ada penjelasan yang cukup kuat bagi penyebab jerawat yang muncul di punggung. Namun, Acne Resource Centre menemukan adanya kecenderungan munculnya jerawat punggung dengan produksi sebum yang masih tinggi. Ketika produksi sebum terlampau tinggi, pori-pori dan folikel rambut dapat terhambat oleh bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. Beberapa hal, seperti stres, makanan berlemak, keringat berlebihan, alergi bahan pakaian, hingga pemakaian tas yang terlalu ketat juga sering disebut-sebut sebagai penyebab munculnya jerawat di punggung. Berikut ini 3 langkah efektif yang dapat membantu Anda menghalau hadirnya jerawat punggung.
1. Pilih sabun pembersih yang tepat. Jika Anda terbiasa menggunakan sabun mandi atau shower gel berdasarkan keharuman aromanya, sebaiknya ganti segera sabun tersebut. Pilihan sabun dengan pewangi memang menyegarkan, tapi saat punggung Anda berjerawat, yang dibutuhkan adalah sabun pembersih anti bakteri. Cara paling tepat adalah menggunakan sabun pembersih wajah Anda untuk dipakai di area punggung.
2. Atasi segera jerawat yang timbul. Jika tidak terlalu banyak, Anda bisa mencoba produk on the counter. Yang terpenting adalah memilih produk yang aman bagi kulit. Cari yang mengandung benzoyl peroxide dalam bentuk gel atau krim.
3. Berteman dengan losion. Yang dimaksud disini tentu losion anti-acne. Pilih yang mengandung Alpha Hydrox Enhance yang aman bagi kulit punggung Anda dan cukup ringan digunakan sehari-hari sampai jerawat Anda menghilang.
4. Eksfoliasi punggung. Saat kulit punggung Anda sudah kembali mulus, pastikan untuk mencegah datangnya jerawat dengan rajin melakukan eksfoliasi setiap 2 kali seminggu.
5. Tak perlu ragu menghubungi dermatologist. Jangan hanya memerhatikan keindahan kulit wajah yang bebas jerawat, saat jerawat yang hadir di punggung meradang, tidak kunjung hilang atau semakin parah, Anda harus segera menghubungi dermatologist terdekat untuk mendapatkan penanganan tepat.(CH). Foto: Dok. Corbis.

 

Author

DEWI INDONESIA