MEMBANTU TIDUR BERKUALITAS
Coba tip berikut untuk mencegah insomnia dan mengembalikan pola tidur yang lebih berkualitas.
7 Sep 2013


Rasa lelah berkelanjutan yang menyebabkan tubuh lemas di siang hari dan malas berpikir yang Anda rasakan selama ini bisa dikaitkan dengan bagaimana kebiasaan Anda tidur di malam harinya. Menurut sejumlah pakar kesehatan, tidur terlalu malam dan kurang pekanya merespon sinyal tubuh adalah pemicu dari kesulitan tidur atau insomnia. Sebelum hal ini berkelanjutan, beberapa tip berikut ini bisa Anda cermati dan praktikkan mulai dari sekarang.  

• Pikirkan warna: Coba usahakan untuk menarik napas lewat hidung dan keluarkan napas lewat mulut secara perlahan. Kemudian fokus dan pikirkan warna-warna pilihan yang Anda suka dan rangkai menjadi aneka bentuk yang menyenangkan. Biarkan melayang di dalam benak. Bentuk dan warna yang melayang akan menstimulasi saraf-saraf pada otak untuk senang dan perlahan menenangkan ketegangan saraf.
• Jaga suhu dingin: Pastikan temperatur kamar berkisar 16C° - 20C° agar suhu tubuh Anda tetap dingin. Penelitian membuktikan bahwa ritme kerja organ tubuh otomatis melambat, kemudian suhu tubuh menurun ketika berada di dalam ruangan yang dingin, dan Anda mulai merasakan kantuk.
• Jaga keseimbangan air: Jika Anda mulai merasakan kegelisahan sewaktu tidur, bisa jadi tubuh kekurangan kadar air. Tubuh menjadi dehidrasi yang membuat suhu di dalam tubuh panas. Usahakan untuk minum minimal 1 gelas air putih biasa sebelum tidur dan 1 gelas setelah bangun tidur. Anda akan merasakan tubuh yang lebih segar keesokan paginya.
• Yoga atau Meditasi: Tarikan dan embusan napas yang teratur melalui yoga atau meditasi dapat menenangkan saraf otak dan psikis. Cara ini juga membantu merelakskan seluruh otot tubuh Anda. Lakukan minimal 10 – 15 menit sebelum tidur.(FF). Foto: Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA