Sehat Berkat Kalsium
Penuhi kebutuhan kalsium Anda lewat bahan-bahan berikut ini.
18 Apr 2014


Sejak kanak-kanak, mungkin kita sudah akrab dengan manfaat susu dan keju sebagai sumber kalsium. Konsumsinya pun seolah menjadi kewajiban karena dipercaya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun ternyata, kalsium juga memiliki banyak manfaat lain, termasuk memperlancar peredaran darah hingga mencegah terjadinya diabetes. Untuk memperoleh manfaat lain, Anda jelas membutuhkan beragam menu selain susu dan keju tadi. Berikut bahan-bahan yang bisa Anda tambahkan di menu makanan, untuk memenuhi asupan kalsium sepanjang hari.

- Sayur-sayuran
Ragam sayur yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, di antaranya bok choy dan lobak. Bok choy yang nikmat disantap lewat olahan tumis dilengkapi juga dengan vitamin A, C, dan tentunya serat yang baik. Sementara lobak, selain untuk pemenuhan kalsium ternyata juga dapat meningkatkan mood Anda berkat antioksidan dan folat di dalamnya.

- Ikan Salmon
Tulang pada salmon ternyata memiliki kandungan kalsium yang relatif besar. Jadi, untuk mendapatkan seluruh asupan kalsium dari salmon, Anda bisa mengonsumsi salmon kalengan yang telah melalui proses penghalusan tulang di dalamnya.

- Kacang-kacangan
Jenis kacang yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi asupan kalsium sehari-hari ialah kacang kedelai dan almond. Kacang kedelai, selain mengandung kalsium, juga diyakini sebagai sumber zat besi yang sangat tinggi. Sedangkan almond, di dalamnya terkandung pula kalium dan vitamin E yang baik untuk kulit. (MA) Foto: dok. FotoSearch

 

Author

DEWI INDONESIA