Tiga Dimensi Instan
Sebuah alasan untuk menyingkirkan kacamata 3D
5 Jul 2012


Di zaman modern ini, tentu masih ada yang berpandangan kontra tentang desain haute couture. Mereka berpandangan bahwa desain tersebut luar biasa, namun tidak aplikatif. Di luar kuat-tidaknya argumen ini, analogi yang sama bisa diarahkan kepada teknologi tiga dimensi (3D). Penemuan teknologi ini dianggap inovasi yang cemerlang, namun agak sulit jika diterapkan untuk penggunaan sehari-hari. Salah satu penyebab penghambat 3D adalah kacamatanya, mulai dari berat hingga membuat pusing kepala.

Beruntung inovasi teknologi terus berkembang. Salah satunya konsumsi 3D tanpa harus lagi menggunakan kacamata khusus. Teknologi ini pun semakin aplikatif ketika Toshiba pada Juni lalu meluncurkan Regza RZ1, televisi 3 dimensi (3D) tanpa kacamata yang diklaim pertama untuk penonton televisi di Tanah Air.

Berbagai teknologi sengaja dikembangkan Toshiba sehingga tayangan 3D nyaman ketika dipergunakan. Mulai dari panel quad Full HD yang memungkinkan konversi gambar dari 2D ke 3D secara real time, hingga fitur Face Tracking yang akan mendeteksi mata pengguna, sehingga televisi tetap nyaman ditonton dari berbagai sisi. (RZ) Foto: dok. Samsung

 

Author

DEWI INDONESIA