5 Gerakan Yoga Ringan ala Instruktur Penyogastar Fajar Putra Untuk Istirahat Berkualitas
Ini 5 gerakan yoga ringan pilihan instruktur Penyogastar Fajar Putra, agar Anda rileks dan maksimal beristirahat.
27 May 2015


Melakukan olahraga keras di malam hari memang tidak dianjurkan. Namun, sekadar peregangan ringan menjelang tidur justru dapat membantu menstimulasi badan untuk lebih tenang saat beristirahat. Seperti gerakan yoga yang berikut yang baik dilakukan satu jam menjelang tidur. “Tidak perlu terlalu lama, cukup 10 menit saja. Fokusnya pun berbeda dari yoga biasa, lebih pada relaksasi sekaligus melepaskan ketegangan pada tubuh dan pikiran,” ujar instruktur yoga, Fajar Putra. Apa saja pilihannya? 


  1. Seated forward bend

Duduk luruskan kaki, dekatkan dahi ke lutut. Tangan dipanjangkan memegang jari-jari kaki. Rasakan tulang belakang memanjang, rasakan juga peregangan di kaki. Gerakan ini untuk memberikan peregangan pada tubuh sekaligus membantu menghilangkan stress. Pastikan Anda tetap bernapas melalui hidung, dalam hitungan inhale dan exhale sebanyak 10 kali.

  1. Diamond pose

Kedua telapak kaki disatukan, dengan jarak dua jengkal dari paha dalam ke tumit. Buka paha dalam lebar, tegakkan tulang belakang dan dekatkan dahi ke telapak kaki. Lakukan sebanyak dua set dan tahan nafas hingga hitungan sepuluh setiap satu setnya. 

  1. Butterfly pose

Dari posisi diamond, tarik tumit ke paha dalam. Buka lutut lebar. Perlahan pegang jari-jari kaki, tegakkan tulang belakang, lalu jatuhkan dada ke depan dan dekatkan dahi ke lantai. Jika memungkinkan, dekatkan juga siku Anda ke lantai. Lakukan sebanyak dua set dan tahan nafas hingga hitungan sepuluh per satu setnya.

  1. Downward dog.

Angkat bokong ke atas seperti segitiga. Selanjutnya, tangan dibuka selebar bahu dan kaki dibuka selebar pinggul. Buka jari-jari tangan, tekan telapak tangan ke lantai, lalu dorong bokong tinggi ke atas. Untuk opsi, telapak kaki boleh dijinjitkan atau jika mampu, tempelkan tumit ke lantai. Tahan gerakan ini dengan bernafas dalam hitungan sepuluh untuk memaksimalkan oksigen yang masuk.

  1. Jika sudah biasa beryoga, bisa melakukan sikap lilin yang sangat baik untuk mengatasi insomnia dan menangkap pikiran. (MA) Foto: Dok. TPG

 

Author

DEWI INDONESIA