Berkenalan Dengan Moon River Dairy, Farmstead Cheese Asal Bayuwangi
Moon River Dairy menyuguhkan keju natural dengan cita rasa yang dipadukan dengan rempah-rempah lokal
18 Nov 2020


 
Anagata, keju bergaya Alpine


Dalam satu hari pemerahan, Moon River Dairy dapat menghasilkan kurang lebih 500 liter susu murni. Jumlah itu dapat menghasilkan sebanyak 55 kg sampai dengan 60 kg keju, sekitar 12 atau 15 cheese wheels. “Untuk saat ini kami hanya melakukan pemerahan dua hari sekali, karena masa pandemi ini berdampak ke segala bisnis. Namun, permintaan untuk susu segar justru meningkat,” lanjutnya. Selain memenuhi permintaan susu segar, Moon River Dairy juga kerap memproduksi butter dan skim milk sesuai dengan permintaan.

“Di Moon River Dairy, kami selalu berusaha untuk memproduksi keju-keju khas Indonesia. Kami hanya menggunakan bahan baku lokal yang kami tanam sendiri, seperti rempah rempah lokal yang dapat mewakili dan menunjukkan cita rasa Indonesia. Sehingga tidak dimiliki oleh keju impor,” ujar Fiona.

 


Saat ini, Moon River Dairy memiliki dua jenis keju, yaitu Amaya dan Anagata. Amaya merupakan keju bergaya Cantal yang serupa keju Cheddar, bedanya Cantal yang berasal dari Prancis menggunakan susu
sapi murni, sedangkan Cheddar menggunakan susu pasteurisasi, yang membuat keju ini memiliki karakter yang berbeda, rasa yang lebih kompleks dan kaya, sempurna untuk keju panggang ataupun salad.

Sedangkan Anagata memiliki karakter yang lebih soft dibanding Amaya. Anagata merupakan keju bergaya Alpine dari Swiss. Keju pegunungan ini memiliki rasa yang lebih lembut dengan kadar lelehan yang lebih bagus dibanding Anagata. Meskipun menggunakan teknik pembuatan keju sama seperti di Eropa, yang membedakan keju Moon River dengan keju Eropa ialah penggunaan rempah-rempah khas Indonesia yang dipadukan pada keju tersebut.

“Di eco resort ini sendiri terdapat banyak buah pala, kayumanis, cengkeh, lada, yang kemudian kami gunakan sebagai pelapis untuk Amaya dan Anagata,”  tutup Fiona. (AU) Foto: Dok. Moon River Dairy.

 

 

Author

DEWI INDONESIA