Modernitas Klasik Sebuah Hunian
Ide fluidity serta excitement dalam layout persegi rumah yang sederhana dikembangkan dalam desain awal hunian ini. Garis-garis tegas yang bertemu dengan lengkungan dinamis dapat ditemukan hampir di setiap sudut ruang.
18 Jul 2020




Selama tiga setengah tahun, MorphAsia Desain berhasil menyelesaikan sebuah hunian bergaya klasik nan mewah yang berdiri di atas lahan seluas 580 meter persegi. Rumah yang dihuni oleh lima anggota keluarga ini mengusung tema desain klasik dipadankan dengan filosofi arsitektur modern. Glenn Hartanto, selaku arsitek MorphAsia Design, menggambarkan rumah ini sebagai arsitektur “Regency” yang telah dimodifikasi agar dapat menyesuaikan dengan konsep hunian tropis.

Proyek ini menjadi tantangan tersendiri bagi Glenn dan tim untuk mewujudkan hunian yang sesuai dengan keinginan pemilik. “Kami mulai dari kecintaan pemilik pada lobi mewah hotel, lalu kami adaptasi ide tersebut agar sesuai untuk desain rumah. Kami juga mencoba untuk mendesain rumah sesuai dengan gaya hidup pemilik. Kami melakukan riset, dan akhirnya menghasilkan layout sederhana, yaitu sebuah ruang persegi besar dengan empat ruang persegi kecil yang berada di setiap sudutnya. Di saat yang sama, dalam benak saya, tergambar furnitur dan warna-warna yang dikombinasikan dengan komposisi geometris warna putih agar rumah ini nampak semakin elegan,” jelas Glenn.

 


Karakter utama pada rumah ini ada pada jendela besar serta bukaan yang besar sebagai celah masuknya cahaya alami atau cahaya matahari. “Kami mencoba membangun ide dari fluidity serta excitement dalam layout persegi rumah yang sederhana. Rumah ini didesain untuk memaksimalkan masuknya cahaya dan sirkulasi udara ke dalam ruangan. Seperti ruang keluarga dengan tangga melengkung diimbangi secara estetis dengan jendela yang juga melengkung dan garden wall,” tambah Glenn. Ide garis-garis melengkung ini dapat ditemui pada sofa, piano Steinway, dekorasi berbahan metal pada railing, hingga detil lekukan kaca jendela yang didesain dengan double curved mullions. Tamu yang memasuki rumah ini akan terpesona oleh ruangan bergaya mewah di dalamnya, padahal rumah dengan luas bangunan 1.200 meter persegi ini dibangun di atas tanah yang tergolong tidak begitu luas.
 

 

Author

DEWI INDONESIA