Solusi Online Groceries di Tengah Pandemi
Kala gelap menyelimuti berbagai sektor industri, platform e-commerce ini justru menjadi secercah sinar terang di ujung jalan. Ketika aktivitas luar ruang dibatasi dan kontak fisik menjadi hal yang harus dihindari, online groceries menjadi pilihan dalam pe
10 Jun 2020


Sarung tangan, dan masker kain yang rapat, bagi Daisy Adzani adalah perlengkapan esensial ketika ia harus bepergian untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari di supermarket. Belum lagi ketika sampai di rumah, ia harus segera mengganti baju, membersihkan diri, dan mengusap setiap produk yang ia beli dengan cairan desinfektan.

You can’t be too careful. Resikonya terlalu besar. Sekarang saya lebih memilih untuk belanja online,” jelasnya. Yang tadinya menjadi kegiatan rutin setiap dua minggu sekali, kini terasa sangat berat dan rumit untuk dilakukan. Sebagai seorang karyawan swasta yang ikut terdampak akan peraturan PSBB serta kebijakan work from home, Daisy pun terpaksa harus mengubah kebiasannya itu dan beralih ke platform e-commerce online groceries.

Merebaknya pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 telah mengubah kehidupan berbagai lapisan masyarakat. Seakan tak ada pilihan, masyarakat Indonesia terlebih mereka yang berada di zona merah harus meninggalkan rutinitas yang mengisi hari-harinya. The New Normal.

Dengan adanya pembatasan jarak sosial dan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat menjadi ‘harus biasa’ dengan rutinitas yang berbeda dari biasanya. Perubahan gaya hidup yang cukup drastis ini seakan menjadi kabut yang terus membayangi. Sampai kapan ini berakhir pun tidak ada yang punya jawabannya. Kegiatan keseharian seperti pergi ke kantor, berbelanja, atau harus melakukan sesuatu di ruang publik, kini tak hanya dibatasi, namun meninggalkan perasaan takut dan was-was.

Nampaknya Daisy bukan satu-satunya orang yang beralih ke platform online untuk memenuhi kebutuhan sembakonya. Adanya resiko tertular juga demi memutus mata rantai penyebaran virus corona mengharuskan semua orang untuk berada di rumah dan membatasi segala kegiatan di ruang publik.

Perusahaan analisis data dan kecerdasan buatan (AI), ADA, mencatat adanya perubahan drastis pada rutinitas harian masyarakat, yang menghasilkan adanya perilaku konsumen baru disebabkan oleh pandemi COVID-19.  "Penerapan langkah-langkah social distancing dan gerakan sosial tidak membuat hidup kita berhenti. Banyak konsumen telah beradaptasi dengan cepat dan tetap melakukan kegiatan sehari-hari mereka, tetapi dengan cara digital. Misalnya bekerja, belajar, melakukan olahraga dan latihan, dan sebagainya," tutur Managing Director ADA di Indonesia, Kirill Mankovski.

Ketika banyak usaha terkena imbas dan terpaksa gulung tikar, beberapa sektor industri justru mendapatkan dampak yang berbeda. Sektor e-commerce online groceries kini justru kian diburu. Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo), Jefri R. Sirait, mengutarakan tentang adanya perubahan perilaku pasar, termasuk konsumen startup selama terjadinya pandemi. Layanan digital seperti telemedis, logistik, juga e-commerce online groceries disebut mengalami peningkatan permintaan. Ia mengatakan bahwa peningkatan tersebut merupakan reaksi dari penyesuaian akan New Normal. Lagipula, hidup tetap harus berjalan dan orang-orang masih harus mengisi perutnya.

Layanan pasar online bukanlah hal yang baru bagi masyarakat Jakarta. Beberapa layanan ini telah hadir sejak 2015. Melalui pasar online, pengguna dapat memesan kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, makanan segar, juga kebutuhan rumah tangga, dengan sangat mudah. Melalui aplikasi. Pengguna pun dapat menentukan sendiri untuk waktu pengantaran pesanan mereka. Rata-rata, masing-masing platform menyediakan kurir pengantaran sendiri.

“Kalau HappyFresh mempunyai personal shopper yang memilihkan produk-produk yang telah saya pesan. Jadi saya tidak terlalu khawatir akan kualitas barangnya,” tutur Daisy yang memutuskan untuk mengunduh aplikasi HappyFresh semenjak adanya himbauan PSBB berlaku dari pemerintah.

 


Topic

Food

Author

DEWI INDONESIA