Jakarta Fashion Week 2023 Resmi Digelar
Dua tahun pasca pandemi, gelaran fashion show terbesar di Asia Tenggara kembali dengan mengusung konsep luring secara keseluruhan.
24 Oct 2022


2 / 6

Selama dua tahun pandemi, gelaran Jakarta Fashion Week memang tak pernah absen menjadi penunjuk arah mode selama setahun ke depan, khususnya bagi para penikmat mode Tanah Air. Selama dua tahun belakangan tersebut pula gelarannya hanya dilaksanakan secara daring. Tahun ini, sekaligus merayakan 15 tahun berjalannya penyelenggaraan ini, Jakarta Fashion Week 2023 kembali digelar secara tatap muka. Bertempat di rumah barunya yakni Pondok Indah Mall 3.

Jakarta Fashion Week 2023 mengambil tema “Fashion Reformation” sejalan dengan visinya untuk menggebrak mode Tanah Air. Menurut Svida Alisjahbana, Chairman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Group, “Fashion Reformation bukan sekadar tema, tetapi juga sesuatu yang sungguh-sungguh kami lakukan. JFW 2023 sendiri adalah bukti nyata. Tahun ini kami berpindah rumah, yang artinya harus adaptasi dengan cepat di lokasi baru dan audiens di venue baru. Adaptasi lain tentunya dari segi pelaksanaan. Dari penyelenggaraan yang sepenuhnya online selama pandemi, kini JFW 2023 mantap diselenggarakan secara offline namun dengan sisi online yang lebih kuat dari sebelumnya.”

Sebanyak ratusan nama desainer dan juga brand akan menampilkan koleksi terbaru mereka, tak lupa nama-nama desainer asal Korea Selatan dan juga Australia turut memeriahkan gelaran tahun ini. Selain itu, Jakarta Fashion Week juga terus mendukung talenta-talenta baru dengan mengadakan Lomba Perancang Mode Menswear, Lomba Perancang Aksesori dan juga Fashion Force Award. Hal ini menjanjikan regenerasi fashion yang berkesinambungan. Selain itu, Dewi Fashion Knights yang biasa hanya dilangsungkan dalam satu segmen sebagai pertunjukan penutup, kini hadir dalam dua segmen berbeda, yakni Dewi Fashion Knights x Make Over “Fashion Mutation” dan Dewi Fashion Knights “Future Couture”.

Acara pembukaan Jakarta Fashion Week 2022 dimulai dengan pidato dari Ibu Svida Alisjahbana yang kemudian diresmikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan Indonesia, Bapak Zulkifli Hasan. Pembukaan berlangsung secara full house dan meriah dengan persembahan tarian dari Paradigm Fitness dan finalis JFW Icons 2022. Disambung dengan parade seluruh desainer yang berpartisipasi di Jakarta Fashion Week 2023.

Jakarta Fashion Week 2023 juga terlaksana berkat dukungan dari Gouw, FoodstoryJanji Jiwa, Jumpstart Coffee, dan Nutriville. Selain ditampilkan secara tatap muka, Jakarta Fashion Week 2023 juga dapat disaksikan lewat live streaming yaitu JFW.TV, YouTube, Instagram, TikTok, Vidio.com, dan MAXStream. Lewat penayangan ini, diharapkan para penonton yang berasal dari luar Jakarta juga dapat merasakan kemeriahan pesta fashion yang kembali menyapa Tanah Air kita ini.

 

JESSICA ESTHER
Foto: Jakarta Fashion Week

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA