Persembahan dari Perempuan untuk Perempuan lewat "Female Fashion Frontiers"
Jakarta Fashion Week dan POND'S Age Miracle mempersembahkan pagelaran busana Female Fashion Frontiers sebagai puncak perayaan kekuatan perempuan Indonesia masa kini
6 Nov 2023



Dalam Jakarta Fashion Week 2024, POND’S Age Miracle ikut menampilkan deretan jenama yang digawangi oleh perempuan-perempuan kreatif terbaik Indonesia dalam kampanye "Female Fashion Frontiers". Mengemban misi emansipasi wanita, POND’S Age Miracle mendukung setiap perjalanan perempuan untuk terus berdaya di setiap langkah kehidupannya dan sekecil apapun langkahnya. Karena, semua selalu dimulai dari yang paling sederhana sebagai investasi besar di masa mendatang.

Sama seperti memilih perawatan kecantikan wajah untuk tampilan segar lebih lama, dunia fashion pun dimulai dari keinginan untuk maju dari lingkup yang paling kecil. Semuanya perlu proses dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal inilah yang membuat POND'S Age Miracle mendukung tujuh jenama yang diprakarsai oleh perempuan-perempuan hebat di baliknya. Sebut saja ANW yang berkolaborasi dengan jenama sepatu Christin Wu, NASL, Natalia Kiantoro, MASSHIRO&Co., serta ATS THE LABEL. Koleksi yang sebagian besar didominasi oleh nuansa merah yang berani dan putih tampil mewarnai panggung gaya kala itu. Meski demikian, sederet busana yang hadir jauh dari kesan membosankan, malah sangat bervariasi karena setiap desainer memiliki ciri khasnya masing-masing. 

Romantisme Koleksi ANW X Christin Wu

Menangkap intisari dari sebuah kolaborasi yang harmonis, koleksi hasil karya antara jenama busana perempuan ANW dengan jenama sepatu Christin Wu diberi judul "Harmony". Kolaborasi antara dua label ini menjadi titik pertemuan antara dua desainer yang memiliki latar belakang, identitas dan gaya yang berbeda namun dapat bertemu dalam suatu karya indah.

Gaya khas ANW yang identik dengan bordiran bunga dan makrame tampil cantik dengan napas yang beda. Koleksi ini berfokus pada manipulasi kain polos yang dibuat menjadi sebuah karya seni. Koleksi tersebut terinspirasi dari transisi sebuah kertas kosong yang kemudian diolah dan bertansformasi bentuk menjadi sebuah karya yang lebih kompleks dan bernilai seni tinggi. 

Permainan proporsi unik yang disuguhkan oleh ANW kemudian disempurnakan oleh koleksi alas kaki yang tak kalah cantik dari Christin Wu. Christin Wu dikenal sebagai desainer sepatu papan atas dan kontemporer. Untuk melengkapi deretan busana ANW, Christin Wu menampilkan desain-desain feminin nan manis seperti flat balet dan sepatu berujung runcing dari bahan tulle lengkap dengan lilitan pengikat cantik.

 

NASL Perkenalkan Warna Baru untuk Desain Pakaian Modern

 

Koleksi berjudul "Matriarchy" dari NASL ini terinspirasi dari suku yang menganut sistem kepemimpinan perempuan. Dalam koleksi teranyarnya, NASL memperkenalkan padu padan warna-warna cerah. Keunikan jenama NASL berada pada penggunaan warna yang berani serta pola motif ramai untuk pakaian sehari-hari perempuan Indonesia.  

Ragam motif kaya warna dan aspek grafis floral dicetak pada kain lentur yang memeluk tubuh. Busana terseut masih dipermanis dengan permainan lapisan berbagai bahan tembus pandang. Agar menambah kesan feminin, NASL menambah potongan rok ruffle bertingkat, permainan pita-pita serta sentuhan gaya modis dari warna kontras kerah dan manset lengan.

 

Konsep Experimental Ready-to-Wear dari Natalia Kiantoro

Desainer Natalia Kiantoro yang dikenal akan gaya desain modern, penuh potongan unik dan cenderung futuristik ini membawa koleksi istimewanya ke panggung POND’S Age Miracle di Jakarta Fashion Week 2024. Natalia menyatakan bahwa koleksi ini merupakan persembahan untuk perempuan dan dari perempuan. Pesan ini terasa sangat jelas tersampaikan melewati barisan desain yang unik, kreatif, dan memberi kesan kekuatan untuk perempuan. 

Koleksi dengan dominasi warna kuat merah, putih, dan denim bernuansa biru gelap ini banyak menampilkan unsur potongan dan pemakaian bahan tembus pandang menggunakan juntaian benang ataupun potongan kain dekoratif. Koleksi ini memberi kesan ksatria wanita dengan sentuhan futuristik yang tetap terasa relevan dengan tren saat ini.

Eksplorasi ragam bentuk busana atasan kemben hingga permainan celana pallazzo terasa mengimbangi atasan yang mengekspos lekuk dan kulit. Melalui koleksi ini, Natalia seolah menekankan pesan bahwa setiap perempuan bebas berkreasi dan jangan pernah terpaku batasan (baik faktor eksternal dan internal) dalam perjalanan mencapai cita-cita.

Selebrasi ATS The Label untuk Perempuan Hebat

Koleksi yang dipersembahkan oleh ATS THE LABEL kali ini mengambil inspirasi dari slogan #NeverStopGrowing dan #NeverStopGlowing. Kedua aspek inspirasi ini bermain dalam dua unsur desain yang bersatu dalam sebuah koleksi modern dan menarik mata. 

Slogan #NeverStopGrowing diterjemahkan oleh ATS THE LABEL melalui siluet busana yang bersih, berstruktur, dan sofistik namun tetap berani. Sedangkan #NeverStopGlowing diterjemahkan dalam pemilihan bahan-bahan metalik dan kemilau seperti sequins, satin, serta bahan berwarna silver. Warna-warna ini dipilih untuk lebih memancarkan kilau kulit sehat berseri melengkapi kecantikan alami pemakainya.

Keseluruhan koleksi ini terasa seperti acara pesta yang modis dengan hadirnya set jas beludru merah yang nampak mewah, rok metalik dengan untaian benang yang mengibas dengan tiap langkah, hingga aplikasi ornamen bunga 3D pada atasan halter pink.

 

Koleksi Busana Rapi nan Elegan dari MASSHIRO&Co.

Jenama MASSHIRO&Co. dikenal dengan model pakaian sehari-hari mereka yang berkualitas dan menjadi mewah. Identik dengan desain yang klasik dan dikemas dengan gaya kosmopolitan, gabungan ragam garmen mereka memiliki padupadan yang tak terbatas sesuai imajinasi para peminat mode. 

Koleksi dengan pilihan warna mayoritas putih, merah dan dilengkapi dengan sentuhan nuansa cokelat ini memiliki kesan rapi kasual yang elegan namun praktikal. Sebut saja setelan merah cabai yang terdiri dari atasan dengan kerah tegak dan celana lurus sebagai celana kerja rapi. Untuk mempertegas lekuk pinggang, setelan tersebut disempurnakan dengan hiasan pinggang obi berwarna sama. Hadir juga desain rompi bersiluet kotak dengan detail tali pinggang yang menjuntai untuk memberikan kesan minimalis. Cocok dipadankan dengan pakaian-pakaian sehari-hari.

Hadirnya koleksi persembahan dari MASSHIRO&Co. di panggung Jakarta Fashion Week 2024 ini diharapkan menjadi perayaan akan keberanian, kesederhanaan, serta kecantikan yang tak lekang oleh waktu, selaras dengan visi POND'S Age Miracle. Sejalan juga dengan nilai POND's Age Miracle sebagai produk perawatan wajah yang mampu menciptakan miracle untuk kulit terlihat muda dan bercahaya, melalui show ini, POND'S Age Miracle ingin menunjukkan bahwa memang "Miracle does happen if we start now". Para Female Fashion Frontiers tersebut diharapkan terus maju dan saling menginspirasi satu sama lain, juga perempuan Indonesia pada umumnya, untuk menciptakan miracle-miracle baru sesuai jenama masing-masing. Jangan takut menangkap peluang dan mengambil langkah berbeda guna meraih beragam miracles baru dari sekarang karena #MiraclesStartNow.


Disadur dari Jakarta Fashion Week 2024
 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA