Semangat Mode Berkelanjutan di PlMFW 2019: “Eco Age”
Satu-satunya gelaran fashion untuk busana pria di Indonesia mengusung semangat fashion yang berkelanjutan
19 Sep 2019


1 / 2
Di tahun ke-10 gelarannya, Plaza Indonesia Men’s Fashion Week (PIMFW) 2019 mengusung tema “Eco Age” dengan semangat sustainable fashion. Maka dari itu dalam satu rangkaian acaranya, PIMFW akan menghadirkan peragaan busana khusus bertema “Eco Green”.

Senior Manager Event & Promotions, and Creative Services Plaza Indonesia Ria Juwita menyatakan, melalui tema ini, kami mengajak desainer-desainer terpilih untuk menghadirkan koleksi busana pria ramah lingkungan menggunakan bahan dasar kain organik tencel.

Untuk itu PIMFW 2019 juga menggandeng EASE demi mendapatkan material tekstil Tencel dan Lenzing premium. “Kami melihat Plaza Indonesia Men’s Fashion Week sebagai kesempatan emas bagi kami untuk bisa memberikan dukungan bagi desainer mode Indonesia untuk bersama-sama berbagi nilai-nilai positif yang TENCEL™, LENZING™ dan ECOVERO™ dan bagaimana melalui sustainability kami bersama-sama dapat membangun industry mode ini untuk lebih maju dan bertanggung jawab,” papar Lenzing Indonesia Commercial Head—SEA Region Winston A. Mulyadi.

Semangat fashion berkelanjutan memang tengah gencar didengungkan di kancah fashion Tanah Air. Salah satunya disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat tentang keberlangsungan lingkungan hidup bersama dan kenyataan bahwa industri fashion menjadi salah satu penyumbang limbah terbesar di dunia.

“Kami sadar di dunia mode didominasi hyper-consumption bahan busana yang berlebihan. Tahun ini kami melalui PIMFW 2019 ingin menyebarkan awareness dengan menghadirkan koleksi busana pria yang diciptakan dengan konsep eco age dan proses pembuatan yang ramah lingkungan serta economically sustainable,” lanjut Ria.

Tak hanya sebagai tema kurasi, “Eco Age” juga diterapkan dalam penyelenggaraan PIMFW 2019 sejak persiapan acara. Seperti dilansir siaran pers, tim Plaza Indonesia mengurangi cetakan undangan fisik sebanyak hampir 80%. Para tamu undangan dan para pencinta mode yang ingin turut hadir di gelaran ini bisa melakukan reservasi di situs resmi PIMFW.

PIMFW 2019 akan berlangsung selama 23-27 September 2019. Selama sepekan PIMFW 2019 akan menghadirkan ragam koleksi terbaru dari berbagai desainer lokal, internasional, serta ragam hasil kolaborasi, seperti Alleira Batik x Rama Dauhan, Blibli.com x adriebasuki, Plaza Indonesia presents The Sartorial by Atham & The Beauty Tailor curated by The Folio & Luxina.id dan sepatu didukung oleh Mario Minardi, Marks & Spencer, (X).S.M.L, ESMOD JAKARTA, Parang Kencana, Alleira Batik, Leaf Official Store.

Semantara dalam curated show pada tanggal 26 & 27 September 2019, Plaza Indonesia berkolaborasi dengan Ease dan Tencel Indonesia akan menghadirkan koleksi pakaian eco green karya MORAL, no’om | no’mi by Soetjipto Hoeijaja, RIGIO, AMOTSYAMSURIMUDA, WILSEN WILLIM dan Danjyo Hiyoji. (SIR). Foto: Plaza Indonesia.


 
 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA