Andra Alodita Menghitung Langkah
Perjalanan menuju hidup sehat Andra Alodita dipenuhi dengan pembelajaran diri untuk mencapai hidup yang lebih berarti. Mulai dari langkah sederhana, Andra memotivasi dan memahami diri. Jejak yang ia telusuri kini dirasa telah membawa dirinya pada versi t
16 Jul 2020




 
Tak sebatas membuka pola pikir, namun juga mengubah pola pikir, terutama tentang mindful eating. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berjalan dari bulan Maret hingga bulan Juni memberinya waktu lebih untuk banyak belajar. Setelah bertahun-tahun kerap mengucapkan bahwa dirinya tidak bisa memasak, siapa sangka Andra justru menemukan proses self-healing dari kegiatan memasak. “Rasanya seperti mendapatkan ketenangan dan rasa bahagia dari proses menyiapkan, berkreasi, dan mengkonsumsi makanan yang saya buat,” ucapnya. Dibantu dengan binaan health coach Alvina Olivia, Andra belajar banyak mengenai makanan sehat. Dari pola makan, bagaimana menyiapkan makanan, dan manfaat baik ketika mengonsumsi makanan yang benar untuk tubuh. “Rasanya senang bisa bereksperimen di dapur,” lanjutnya lagi.
 
Ketika kita mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan yang tubuh kita butuhkan, jiwa dan raga kita juga akan terpenuhi. Hal tersebut menjadi salah satu pembelajaran dari Alvina yang kerap terbesit di benak Andra. Ragam kreasi makanan hasil tangan terampilnya juga tak luput diunggahnya di akun Instagram. Menu sarapan sederhana seperti roti sourdough dengan telur orak arik dan salad arugula, atau kreasi Quinoa Fried Rice menjadi salah satu dari sekian hidangan yang menghiasi hari-harinya dalam menempuh #andrafitjourney.
 
Untuk menjaga konsistensi dan semangat agar tak pernah pudar, Andra menuliskan tiap-tiap progresnya dalam sebuah jurnal. Dari perasaan yang ia rasakan pada hari itu, olahraga apa saya yang ia lakukan, dan makanan apa yang ia konsumsi, ia catat dalam sebuah buku jurnal yang tak lupa ia hiasi dengan goresan-goresan penuh warna. “Setiap minggu atau dua minggu, saya selalu ukur badan, merekam mood, bagaimana dan apa yang badan saya rasakan dan itu terbukti sangat membantu,” jelasnya. Tak hanya melulu soal berat badan, namun tolak ukur yang ditentukan meliputi kenaikan energi, pola pikir, dan juga perasaan yang ia rasakan saat itu. Melalui jurnal yang ditulisnya dengan rapi, Andra dapat mengevaluasi perkembangan yang tengah ia jalani. Hal apa yang harus ditingkatkan, hal apa yang belum ia jalanin dan rutinitas apa yang baik ataupun hal yang kurang cocok.

 

 


Topic

Profil

Author

DEWI INDONESIA