Andra Alodita Menghitung Langkah
Perjalanan menuju hidup sehat Andra Alodita dipenuhi dengan pembelajaran diri untuk mencapai hidup yang lebih berarti. Mulai dari langkah sederhana, Andra memotivasi dan memahami diri. Jejak yang ia telusuri kini dirasa telah membawa dirinya pada versi t
16 Jul 2020




Ketika berkunjung ke halaman Instagram Andra Alodita, pulasan warna semarak yang menghiasi foto-fotonya selalu didampingi dengan kata-kata motivasi yang penuh dengan semangat. Sejak tahun lalu, Andra, begitu panggilan akrabnya, kerap mendokumentasikan kisah perjuangannya dalam mencapai hidup dan tubuh yang lebih sehat setiap harinya melalui tagar #andrafitjourney di akun Instagramnya. Buat Andra, membagikan perjalanannya dalam menuju hidup sehat melalui unggahannya di media sosial menjadi pengingat akan progress yang telah ia lalui. Bukan sebuah kompetisi, bukan juga sebagai ajang untuk unjuk diri, namun sebagai pengingat akan rasa senang maupun momen penuh perjuangan dari perjalanan yang ia tempuh. “Semua unggahan yang saya buat dari tahun lalu hingga sekarang, pada dasarnya itu untuk memotivasi diri sendiri sih,” jelasnya.

Sang Ayah yang pertama kali mengajak Andra untuk berolahraga mulai dari langkah kecil, lebih tepatnya mulai dari 10.000 langkah setiap hari. Jika ingin berkilas balik beberapa tahun silam, hubungan Andra dengan olahraga tak selaras seperti yang dibayangkan. “Satu hari semangat olahraga, di hari berikutnya rasanya malas lagi,” ucapnya mengenang awal perjalanannya memulai hidup sehat. Alhasil percobaan pertamanya tak membuahkan hasil maksimal seperti yang diinginkan. Semenjak remaja, Andra memang telah bergelut dengan diet yoyo. “Saya bukan orang yang senang olahraga. Butuh motivasi yang luar biasa untuk bergerak,” ucapnya dengan jujur.
 
“Tiga bulan pertama, rasanya malas dan bosan,” ucap Andra. Untuk mencapai keberhasilan, tentunya dibutuhkan sebuah perjuangan. “My biggest enemy is me, ever since day one,” lanjutnya mengutip salah satu lagu dari Lady Gaga. “10.000 langkah? Duh, mimpi. Makan sayur? Masak sendiri? Ah, males,” tuturnya disusul dengan tawa. Kurang lebih, itu yang ada di benak Andra beberapa tahun sebelumnya. Rasa malas, lelah hingga patah semangat menghantui pikirannya, memang untuk menjadi lebih baik prosesnya tidak mudah dan tidak juga selalu mulus.
 
Andra kemudian menemukan cara untuk tetap menjaga semangatnya dalam berolahraga. Yang pastinya mulai dari diri sendiri, dari sebuah pemikiran dan pertanyaan “Kali ini mau sekadar diet atau mau hidup sehat?” Langkah awalnya untuk mengubah pola pikirnya terbukti telah membawanya ke versi terbaik dari dirinya. Perjalanannya untuk mencapai hidup yang lebih sehat ini tak melulu hanya soal olahraga apa yang dilakukan atau makanan apa yang dikonsumsi. Namun hal pertama yang tak kalah pentingnya ialah menentukan pola pikir seperti apa yang harus ditanamkan untuk mencapai target atau goal dalam hidup. Bagi Andra, pola pikir menjadi pondasi kokoh dalam membangun sebuah perencanaan.

“Tahun ini, yang saya ubah bukan kegiatannya, namun pola pikirnya. Saya belajar bagaimana cara memanifestasikan mimpi dan tujuan hidup.” Menentukan pola pikir akan tujuan yang lebih matang membawa Andra bertekad dan bersemangat untuk mempelajari lebih banyak ilmu demi menuju kehidupan yang lebih sehat. Tanpa ia sangka, perjalanan fit journey yang dijejakinya membawanya pada ilmu-ilmu baru. “Selama proses weight loss journey dan fit journey yang saya jalani enam bulan terakhir, justru saya banyak belajar soal mindfulness,” jelasnya.

 

 


Topic

Profil

Author

DEWI INDONESIA