Sulit Tidur? Konsumsi Makanan-Makanan Ini
Beberapa makanan ternyata memiliki kandungan melatonin alami untuk membantu Anda terlelap.
14 Sep 2020




Masalah sulit tidur atau gangguan tidur yang cukup umum di kalaangan masyarakat modern kini semakin memuncak, thanks to the pandemic. Selain berolah raga dan mengurangi konsumsi zat-zat pemicu gangguan tidur seperti alkohol dan kafein terutama menjelang waktu tidur, asupan makanan yang Anda konsumsi di saat makan malam juga dapat membantu Anda terlelap.

Bahan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi di saat makan malam ini adalah yang secara alami mengandung melatonin. Melatonin sendiri merupakan sejenis hormon yang biasanya diproduksi oleh tubuh kita untuk mengatur siklus bangun dan tidur. Tubuh biasanya memproduksi melatonin lebih banyak di malam hari dan produksinya berkurang menjelang pagi hari.

Seberapa banyak produksi melatonin juga dipengaruhi oleh paparan sinar atau cahaya yang kita dapatkan serta jam tubuh alami kita. Itu sebabnya saat tidur, dianjurkan untuk menggelapkan ruangan dan jauh dari gawai yang bisa memancarkan sinar biru dan mengganggu produksi melatonin.

Konsumsi suplemen melatonin digunakan untuk mengatasi masalah-masalah seperti insomnia dan jetlag, namun penggunaan suplemen berdosis tinggi terus-menerus malah bisa mendisrupsi siklus alami tubuh. Beberapa efek samping yang bisa didapatkan dari suplemen melatonin di antaranya rasa cemas, gangguan pencernaan, rasa kepala yang berat saat bangun tidur, sakit kepala, pusing, hingga depresi jangka pendek.

Sebagai gantinya, coba konsumsi makanan-makanan yang mengandung melatonin alami, seperti brokoli, asparagus, flaxseed, biji bunga matahari, atau kacang walnut. Campurkan bahan-bahan ini menjadi tumisan atau omelet untuk makan malam Anda.

 

 

Author

DEWI INDONESIA