Menilik Pameran Potrait Madame d'Ora
Madame d'Ora merupakan fotografter terkenal pada tahun 1910an sampai 1950an

Bagaimanakah elegansi seorang wanita dapat terpancar dalam sebuah potret? Siapa pun yang dipotret oleh Madame d'Ora dapat yakin bahwa mereka mencerminkan sentuhan elegan Prancis. Termasuk potret penulis seperti Arthur Schnitzler, komposer Alban Berg, dan kritikus budaya Hermann Bahr.

Objek potret Madame d’Ora meluas dari berbagai kalangan, mulai dari penari telanjang Anau Berber yang penuh skandal, hingga tokoh terkenal seperti Josephine Baker dan Coco Chanel. Seiring dengan passion-nya membuat potret, Madame d'Ora juga menekuni fotografi mode mulai 1910-an, termasuk untuk rumah produksi seni dan interior, Wiener Werkstätte.

Namun, perang dunia kedua membawanya ke Austria di mana ia untuk pertama kalinya bertindak sebagai reporter sosial dengan mendokumentasikan nasib pengungsi di dekat Wina pada 1945-1946. Kemudian, pada 1950 dan 1958 ia menciptakan dua seri fotografi yang menggambarkan rumah pemotongan hewan yang dipahami sebagai respons artistik pribadinya terhadap kengerian perang.

Museum Kunst und Gewerbe Hamburg (MKG) menyajikan pameran pertama karya Madame d'Ora dalam sebuah pameran komprehensif yang mencakup sekitar 250 foto antara 1910an sampai 1950an. (AU) Foto: dok. MKG
 

 



JOIN OUR COMMUNITY