Spektrum Warna Surga di Lembah Hunza
Seringkali didaulat sebagai gambaran nyata dari legenda Shangri-La, Lembah Hunza menyimpan lebih dari sekadar pemandangan yang dramatis, namun juga budaya dan keramah-tamahan penduduk yang legendaris.
1 Feb 2020




Lembah Naltar
Dari Gilgit kami menaiki mobil 4x4 menuju Lembah Naltar yang terpencil. Satu-satunya cara mencapai Naltar adalah melalui jalanan rusak selama tiga jam menyusuri sungai dan lembah-lembah yang terpahat bagaikan sebuah setting film kolosal.

Dari Desa Naltar, kami harus menempuh dua jam lagi umplak-umplakan melalui jalan batu dan menyeberangi sungai dangkal untuk sampai ke Danau Satrangi. Saya mencoba membayangkan Jeep 4x4 yang saya naiki ini adalah kuda, dan kami sedang berada dalam perjalanan kolosal bersama Frodo Bagins. Toh, alam yang kami lewati 11/12 dengan gambaran Middle Earth dalam film Lord of the Rings.

Sepanjang jalan kami menemui kawanan yak, domba pashmina, domba gunung, keledai, kuda liar, hingga Snow Leopard yang berada dalam penangkaran. Dalam dua jam perjalanan, kami seperti melewati berbagai musim dengan bioma yang berbeda, hutan pinus, tundra, hingga pegunungan salju. Semakin dramatis ketika salju mulai turun saat kami mendekati Danau Satrangi.

Danau Satrangi ternyata tidak terlalu besar, keistimewaannya adalah danau ini memiliki berbagai warna akibat pantulan dan alga yang tumbuh di dalam danau. Penduduk lokal menyebut danau ini memiliki delapan warna, saya hanya berhasil menemukan enam.
 

 


Topic

Travel Guide

Author

DEWI INDONESIA