Fondation Louis Vuitton Diresmikan di Paris
Satu lagi museum seni dan pusat budaya hadir di Paris, yaitu Fondation Louis Vuitton..
31 Oct 2014


1 / 6

Fondation Louis Vuitton adalah sebuah museum seni dan pusat budaya yang disponsori oleh grup LVMH namun bersifat non-profit, dengan tujuan untuk mempromosikan seni dan budaya Prancis.

Diawali oleh undangan dari CEO LVMH, Bernard Arnault, arsitek Frank Gehry mengunjungi 8 buah taman dan membayangkan suatu bangunan arsitektural yang terinspirasi dari kaca Grand Palais dan juga struktur kaca. Hasilnya adalah bangunan 2 tingkat yang terdiri dari 11 galeri dengan ukuran berbeda, auditorium yang berkapasitas 350 orang di lantai bawah, dan teras multilevel di atap untuk acara-acara dan instalasi seni. “Saya membayangkannya sebagai sebuah kapal pesiar,” ujar Frank Gehry. Bangunan ini tersambung dengan Jardin d’Acclimation di bagian Utara, dan Bois de Boulogne di bagian Selatan. Rencana ini diumumkan secara resmi sejak Oktober 2006 sementara kontruksinya dimulai pada Maret 2008.

Museum yang bernilai $143 juta ini baru selesai belum lama ini dan telah dibuka secara resmi dengan sebuah konser oleh seorang pianis ternama, Lang Lang pada tanggal 28 Oktober 2014. Peragaan busana Louis Vuitton musim semi/panas 2015 pun telah digelar di bangunan ini sebelum pembukaan resmi. (SC) Foto: Louis Vuitton Foundation

 

Author

DEWI INDONESIA