4 Restoran dan Katering Pilihan Untuk Memulai Hidup Sehat
Makanan menjadi salah satu hal yang mendukung hidup sehat, empat restoran dan katering pilihan Dewi ini menghadirkan hidangan sehat tanpa mengorbankan rasa
16 Jun 2020




Berjemur, olahraga di rumah, dan mengkonsumsi lebih banyak sayur serta makanan yang bernutrisi menjadi gaya hidup yang kian digeluti dengan lebih serius beberapa bulan terakhir ini. Merebaknya pandemi COVID-19 pada awal tahun 2020 seakan menjadi sentilan keras bagi orang-orang untuk lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Tak sedikit orang yang kemudian berbondong-bondong untuk mengonsumsi vitamin. Memang, banyak yang menjadi lebih melek akan pentingnya asupan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Kehidupan yang serba modern membuat hidup kita dikelilingi oleh ragam jenis makan, termasuk olahan produk industri pangan yang terkenal akan perasa artifisialnya. Seakan terbuai dengan rasa manis dan janji-janji akan kemudahan yang ditawarkan, kita bagai menutup mata akan efek samping yang dihasilkan, padahal mengkonsumsi junk food atau makanan tidak utuh secara berlebihan tidak baik bagi tubuh. Michele Chevalley Hedge seorang ahli nutrisi dan juga penulis kesehatan mengatakan bahwa makanan olahan seringkali mengandung bahan kimia dan pengawet yang dapat menambahkan rasa serta masa pakai. Bahan kimia ini dapat menumpuk di dalam tubuh, menyebabkan sistem tubuh menjadi lamban, bahkan dapat menjadi racun. 

Lalu makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh tubuh? World Health Organization (WHO) merekomendasikan makanan utuh atau whole food sebagai salah satu kriteria makanan sehat yang penting untuk dikonsumsi. Berdasarkan penuturuan dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional yang ditulis oleh Prof. Fransiska Rungkat Zakaria, PhD, whole food merupakan makanan yang berasal dari bahan pangan alami yang mengandung semua bagian yang dapat dimakan, dan tidak mengalami pembuangan atau proses teknologi pemurnian. Yang artinya, makanan masih dalam bentuk atau kondisi aslinya dan tidak diolah sama sekali seperti sayuran dan buah, atau diolah seminimal mungkin seperti gandum utuh, protein yang tidak berlemak ataupun tepung wholemeal

Ini tidak berarti makanan mentah adalah satu-satunya makananyang dapat dikonsumsi. Dengan pengolahan dan teknik memasak yang seksama, makanan tetap dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tanpa ada yang banyak terbuang. Tergerak untuk menghadirkan makanan sehat, beberapa restoran dan layanan katering ini menawarkan ragam jenis makanan yang baik untuk tubuh dengan mengusung konsep makanan sehat namun tetap menyuguhkan luapan rasa yang memanjakan lidah.

 


PiringSayur

Berawal dari sebuah final project untuk menempuh gelar sarjana, PiringSayur yang didirikan pada tahun 2018 menghadirkan menu-menu yang terinspirasi dari makanan-makanan terbaik dunia. Layanan berbasis catering ini kemudian menghadirkan ragam menu yang berbahan dasar tumbuhan tanpa menggunakan produk hewani sama sekali. Nasi merah mendampingi sajian Gung Bao Fried Chick*n yang terbuat dari perpaduan antara kacang kedelai, jamur, jagung, dan berbagai campuran rempah. Taburan kacang, dried chilli peppers, cah sayur, dan sup tahu turut menemani sebagi pelengkap hidangan. 


 

The Roots

The Roots menawarkan konsep salad bar yang menyajikan makanan kaya nutrisi yang didominasi oleh plant-based food. Sesuai dengan namanya, restoran yang terletak di Kemang Timur ini ingin menghadirkan makanan yang datang dari bumi dan tidak diolah secara berlebihan. Tikka Tikka Tempe Salad menyuguhkan perpaduan tekstur dan rasa yang unik, house-made Tikka sauce yang terbuat dari paduan kunyit, jintan, dan plant based milk digunakan sebagai dressings salad dan juga untuk marinasi tempe sebagai pengganti ayam. Disajikan dengan Romain lettuce, kol ungu, potongan wortel, dan juga paprika merah. 

Sedangkan menu Nasi Campur merupakan kolaborasi dengan restoran White House Vegetarian. Aneka jamur dihidangkan bersama brown rice, jagung bakar, brokoli bawang, kacang panjang, wortel, dan dilengkapi dengan baluran saus Tikka. 

 

 

Author

DEWI INDONESIA