“Kucumbu Tubuh Indahku” Terpilih Wakili Indonesia di Ajang Oscar 2020
Setelah bersaing dengan dua film Indonesia lainnya, “Kucumbu Tubuh Indahku” didapuk untuk maju memperebutkan piala Oscar 2020


Cuplikan film Kucumbu Tubuh Indahku yang mewakili Indonesia di ajang Oscar 2020.


Sekali lagi Indonesia maju ke ajang Academy Awards 2020 untuk memperebutkan piala Oscar. Kali ini film Kucumbu Tubuh Indahku yang didapuk menjadi wakil Indonesia untuk kategori Best International Feature Film.

Film garapan Garin Nugroho itu dipilih setelah bersaing dengan dua film Indonesia lainnya, yaitu 27th Steps of May dan Ave Maryam yang juga sempat dijagokan untuk melaju ke ajang Oscar 2020, 9 Februari mendatang di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles.

Seperti dilansir CNN Indonesia, Sekretaris Komite Film Indonesia Sheila Timothy menyatakan, ”Setelah dilakukan penilaian dengan seksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards ke-92 untuk kategori International Feature Film.”

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Film Indonesia Christine Hakim menyatakan film itu dipilih Karena menyajikan paket lengkap. “Kami sepakat memilih film Kucumbu Tubuh Indahku karena kami melihat bahwa dari film itu sebagai sebuah karya film lengkap. Film itu bukan hanya bahasa oral dan gambar saja, tapi ada bahasa batin dan rasa,” jelasnya.

Kucumbu Tubuh Indahku bercerita tentang kehidupan penari lengger bernama Juni. Setelah ditinggal sang ayah, Juni menjadi penari lengger dan menghadapi perjalanan hidup yang berliku. Tari lengger adalah tari khas Indonesia yang membawakan sifat-sifat maskulin dan feminin sekaligus. Dibuat sebagai adaptasi lepas dari tokoh penari dan koreografer lengger kenamaan Indonesia, Rianto, Kucumbu Tubuh Indahku menyajikan kisah yang amat personal tentang penemuan diri.

Film ini tak hanya bicara soal tradisi. Kucumbu Tubuh Indahku juga bicara tentang seksualitas dengan cara yang amat halus. Bagaimana seseorang mengenali dan mendalami tubuh serta hasrat-hasrat yang dibawanya. Film ini menceritakan pergulatan eksistensial Juno dengan amat cantik.

Di ajang Oscar 2020 mendatang, Kucumbu Tubuh Indahku akan bersaing dengan film dari Korea Selatan peraih Palme d’Or alias Piala Emas Festival Film Cannes 2019, Parasite dan juga film animasi Jepang, Weathering with You. (SIR). Foto: Dok. Istimewa.


 

 


Topic

Movies

Author

DEWI INDONESIA