5 Cara Diet Karbon untuk Atasi Krisis Iklim
Krisis iklim kian menunjukkan taringnya, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasinya.
7 Jan 2020


Mengurangi Wisata
Cara lain untuk mengurangi emisi karbon adalah dengan mengurangi wisata. Terutama wisata jarak jauh menggunakan pesawat. Sebabnya, sekali penerbangan jarak jauh melepaskan setengah ton gas karbon ke atmosfer per orang. Sementara penerbangan kelas binis dan kelas satu setara dengan tiga hingga empat ton emisi karbon per orang sekali jalan karena jumlah penumpang yang lebih sedikit. Dampaknya, masih dari laporan New York Times, turisme menyumbang 8% dari total emisi gas karbon di seluruh dunia.

Untuk itu, ada baiknya kita mulai lebih bijak dalam membuat rencana liburan. Sebagai alternatif Anda bisa mulai mengeksplorasi tempat-tempat wisata di dalam kota, atau memilih destinasi yang masih terjangkau menggunakan moda transportasi massal dengan dampak emisi karbon yang lebih rendah seperti kereta.

 


Tidak Melakukan Apapun
Percayalah, sejatinya cara paling realistis untuk mengurangi emisi karbon adalah dengan tidak melakukan apa-apa. Maksudnya di sini adalah dengan mengurangi mobilitas yang tidak perlu. Hal ini juga berlaku untuk barang-barang elektronik Anda. Alih-alih dibiarkan dalam posisi stand-by ada baiknya mematikan sekaligus alat elektronik yang sedang tidak dipakai. Termasuk mencabut charger barang elektronik dari stop kontak.

 

 


Topic

sustainable lifestyle

Author

DEWI INDONESIA