5 Karya Perupa Tanah Air di Pameran “Present Continuous” Museum MACAN
Karya yang dipamerkan ini merupakan ekspresi seniman terhadap situasi pandemi dan perubahan sosial budaya di ranah lokal
13 Jan 2022


4. Lukisan cukil kayu Sanglang Serri - Muhlis Lugis (Makassar)

Lukisan cukil kayu Sanglang Serri - Muhlis Lugis (Makassar)

Muhlis Lugis dikurasi oleh kurator, penulis, dan arsiparis Anwar Jimpe Rachman, yang juga menjabat sebagai direktur Makassar Biennale sejak tahun 2017. Perupa asal Makassar ini memamerkan empat panel lukisan cukil kayu, yang terinspirasi dari sosok Sanglang Serri (Dewi Padi) dalam epos Bugis I La Galigo.
 
Sang seniman merefleksikan perubahan aspek budaya an dan cara hidup di Sulawesi Selatan, khususnya tentang praktik budidaya pangan yang berkaitan dengan padi. Di salah satu lukisannya yang berjudul “menghibur Sanglang Serri,” misalnya, Muhlis menceritakan tentang ritual Mappadendang yang dilakukan masyarakat Bugis setelah panen padi. Ritual ini dilakukan sebagai ras syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan panen. Pemukulan alu dan lesung yang berirama di ritual tersebut diyakini dapat menyenangkan hati sang Dewi Padi, sekaligus membawa doa agar panen bisa melimpah lagi di masa depan.
 

 


Topic

Art

Author

DEWI INDONESIA