Memaksimalisasi Vista Hunian dengan Bentuk Kubus
Arsitek Alexis Dornier memaksimalkan kontur tanah hunian untuk menghasilkan pengalaman menakjubkan bagi penghuni.
14 Dec 2020


Struktur bangunan yang luar biasa ini juga merupakan pemandangan yang indah. Berdiri kokoh, menjulang seperti melayang.
1 / 6

 

Setelah meletakkan volume kubus di upper level, Alexis bebas memanfaatkan kontur tanah di bawahnya. Mewah adalah kata yang tepat untuk menggambarkan living room. Tidak hanya karena perabot yang terdapat di sana tetapi juga karena perasaan yang timbul ketika berada di dalamnya. 

Langit-langit living room yang tinggi dengan tiga sisi dinding bermaterial kaca membuat ruangan ini terang benderang, berlimpah sinar matahari. Vegetasi yang rimbun pun dengan mudah dapat dinikmati saat duduk di ruang ini. Pintu geser berukuran besar ke teras belakang memastikan udara dapat bebas mengalir ke dan dari dalam ruang. 

Ada tiga area yang menyatu di lantai ini: dapur, dengan marble kitchen island dan peralatan berkualitas tinggi, lounge, dan area makan. Dapur pun terbagi dua, yang pertama dengan tata letak open kitchen dan yang kedua pada ruangan terpisah. Dapur ini memiliki pintu tersendiri sehingga cocok digunakan sebagai ruang persiapan memasak atau untuk para staf katering saat penghuni mengadakan acara.

Ke luar dari living room, sebuah dek luas menyambut. Di sini terdapat meja makan yang dapat menampung hingga 10 orang, sofa luar ruangan, dan day beds untuk berjemur. Dek dilanjutkan dengan hamparan rumput yang berujung pada sebuah sungai. Dapat kita lihat pemandangan sawah terasering di depan sana yang terbingkai oleh deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Sementara itu kolam renang yang berbentuk memanjang berlokasi di bagian samping atau tegak lurus dengan posisi sungai. 

Beranjak ke upper level yang merupakan kumpulan dari ruang-ruang privat. Dua kamar tidur menghadap sisi utara dan tiga lainnya menghadap barat. Tiga kamar, termasuk master bedroom, berbagi satu balkon panjang dan luas ke barat. Namun bukan master bedroom namanya jika tidak memiliki keistimewaan tersendiri. Selain ukurannya yang lebih luas dari kamar-kamar lain, master bedroom juga memiliki pemandangan utama alam yang luas ke arah sawah terasering. Terdapat pula bath tub di balkon yang dibatasi oleh sebidang dinding untuk memastikan privasi. Di sore hari, bath tub batu ini sangat menggoda untuk dinikmati, untuk mengakhir siang yang panas di Bali, sambil ditemani matahari terbenam di atas pohon kelapa. (NTF) Foto: Kiearch (Dok. Alexis Dornier)

 

Author

DEWI INDONESIA