“Roses”, Cerita Alexander McQueen dan Rekah-rekah Mawar
Sarah Burton memperlihatkan kemahiran teknis rumah mode pimpinannya lewat gelaran pameran “Roses”


1 / 5
Bebungaan menjadi salah satu inspirasi Sarah Burton, Direktur Kreatif Alexander McQueen, untuk koleksi musim gugur/dingin 2019 rancangannya. Khususnya mawar. Memang ada sesuatu yang dramatis dengan kelopak bunga mawar yang tengah merekah. Maka tak heran jika Sarah Burton membuat satu koleksi penuh yang seutuhnya terinspirasi dari “ratu” segala bunga tersebut.

Hasilnya adalah sebuah koleksi yang vibrant, romantis, nan misterius. Sebagai penutup peragaannya pada Maret 2019 lalu, Sarah menghadirkan gaun merah yang dibuat sedemikian rupa menyerupai bunga mawar yang ikonis.

Tentunya ini bukan pertama kali salah satu rumah mode kebanggaan Inggris ini menghadirkan gaun ikonis terinspirasi bunga mawar. Mawar telah lama menjadi inspirasi mereka. Sebelumnya, sang pendiri, Lee Alexander McQueen juga pernah merancang gaun yang seluruhnya dibuat dari bunga-bungaan segar sebagai penutup peragaan “Sarabande” untuk koleksi musim semi/panas 2007 silam.

Kini rumah mode Alexander McQueen mengajak Anda menengok kembali karya-karya ikonis dari Alexander McQueen yang terinpsirasi dari ragam bebungaan. Dua gaun ikonis yang disebut sebelumnya ditampilkan sebagai bintang pameran.

Anda bisa melihat dari dekat gaun “The Red Rose” dipajang yang diapajang di tengah ruangan yang juga menampilkan berbagai material dan dokumentasi proses pembuatannya. Beberapa contoh prototipe dan riset latar belakang turut diperlihatkan pada instalasi ini. Tak ketinggalan video yang memperlihatkan aksi pengrajin andalan Sarah Burton, Judy Halil, merealisasikan sang Direktur Kreatif.

Sementara itu gaun ikonis dari era “Sarabande” Alexander McQueen dipajang di bagian depan pameran. Di area yang sama pengunjung juga bisa melihat berbagai gaun lain yang menampilkan berbagai rangkaian bunga di sela-sela material tulle dari koleksi yang sama. Gaun-gaun itu lantas menggiring Anda ke satu lorong yang meperlihatkan video peragaan koleksi tersebut di Paris Cirque d’Hiver 12 tahun silam.

Pameran “Roses” ini merupakan seri kedua dari rangakian pameran “Unlocking Stories” oleh Sarah Burton dan Alexander McQueen. Sang Direktur Kreatif menggagas program tersebut untuk membuka akses edukasi tentang berbagai kemahiran teknis Alexander McQueen bagi khalayak yang lebih luas.

Pameran ini digelar di lantai atas butik mereka di 27 Old Bond Street, London. Setiap pengunjung yang datang nantinya akan mendapatkan tur bersama petugas yang akan menjelaskan tiap-tiap detail instalasi gaun yang dipamerkan. (SIR). Foto: Alexander McQueen.



 
 

 


Topic

Fashion Exhibition

Author

DEWI INDONESIA