Ekshibisi Christian Dior: Designer of Dreams di Shanghai
Cina menjadi destinasi terkini dari ekshibisi Dior yang penuh mimpi dan keindahan.
2 Aug 2020




Setelah digelar pertama kali di Musée des Arts Décoratifs, Paris (2018), dan kemudian di Victoria & Albert Museum, London (2019), Long Museum West Bund di Shanghai jadi persinggahan berikutnya untuk ekshibisi Christian Dior: Designer of Dreams.
 
Pameran retrospektif unik ini tampil berbeda di Cina melalui narasi scenography yang segar. Di sini, para pengunjung bisa mengikuti perjalanan rumah mode Dior yang memiliki sejarah lebih dari 70 tahun, mulai dari masa kepemimpinan kreatif Christian Dior sendiri hingga para penerusnya seperti Yves Saint Laurent, Gianfranco Ferre, Raf Simons, hingga sekarang oleh Maria Grazia Chiuri.

 

 
Ruangan-ruangan yang mengambil setting seperti butik Dior di 30 Avenue Montaigne, yang terinspirasi dari jardin atau taman, hingga yang menyerupai ruangan di Versailles, masing-masing akan diisi secara tematik dengan koleksi arsip Dior. Tak lupa koleksi ikonis yakni New Look, yang lahir dari savoir-faire rumah mode ini. Semuanya dikemas dalam sebuah perjalanan penuh keindahan dan mimpi.
 
Ekshibisi Christian Dior: Designer of Dreams kembali dikurasi oleh Oriole Cullen, yakni kurator tekstil modern dan mode di Victoria & Albert Museum, London. Lebih dari 250 pakaian adibusana Dior yang digali dari arsip rumah mode Prancis ini akan ditampilkan, dilengkapi dengan karya fotografi, sketsa, karya ilustrasi dari René Gruau atau Christian Bérard, hingga parfum Dior yang emblematik dan merupakan perwujudan dari feminitas, kebahagiaan, dan cinta.

 

 
Untuk merayakan ikatan yang kuat antara rumah mode Dior dengan Cina yang sudah terjalin sejak tahun 1947, beberapa karya dari seniman-seniman Cina terpandang pun akan hadir di ekshibisi kali ini.
 
Kondisi Cina yang sudah berhasil mengatasi pandemi memungkinkan ekshibisi ini untuk tetap berlangsung sesuai rencana, dan diadakan dari tanggal 28 Juli hingga 4 Oktober 2020. Bagi mereka yang sudah berbulan-bulan lamanya terkurung, bertarung dengan rasa was-was dan ketidakberdayaan, ekshibisi ini bisa menjadi hembusan angin segar yang sangat dibutuhkan. Karena manusia akan selalu mencari dan menghargai keindahan, serta tak akan berhenti bermimpi. (Margaretha Untoro) Foto: Dok. Dior

 
 
 
 

 

Author

DEWI INDONESIA