Maison Valentino Menggandeng Seniman Thailand Pinaree Sanpitak di ART SG: Singapore Art Week
Karya instalasi berwarna hitam dan merah ini merayakan pendekatan rumah mode Maison Valentino terhadap seni.
16 Jan 2023




Maison Valentino
berkolaborasi dengan seniman Thailand, Pinaree Sanpitak, dalam instalasi berjudul “Breast Stupas Valentino” dalam edisi perdana ART SG di Singapore Art Week. Karya instalasi yang secara khusus dibuat untuk Maison Valentino ini menampilkan pola Valentino Toile Iconographe yang ikonik dalam bentuk stupa bermotif dada perempuan. Karya Sanpitak ini merupakan hasil eksplorasinya terhadap potensi tubuh dan pengalaman perempuan.


Pinaree Sanpitak adalah seniman kontemporer Thailand dengan ciri khas karya dari hasil eksplorasinya terhadap tubuh perempuan, terutama payudara. Seri karyanya ini diberi nama “Breast Works”. Ia mengembangkan bentuk tubuh perempuan ini dalam bentuk simbol seperti lengkung yang halus, bentuk telur, pembuluh, dan dalam bentuk perumpamaan mangkuk atau stupa Buddha. Kelembutan dan kehalusan juga menjadi salah satu ciri dari karya Sanpitak sebagai bentuk pesona tubuh dan keibuan seorang perempuan. Sanpitak cukup banyak menggunakan berbagai bahan, media, dan teknik dalam praktik berkaryanya, mulai dari teknik melukis, kolase, menggambar, seni grafis, patung, instalasi, dan pertunjukan. 

Kolaborasi Sanpitak dengan Maison Valentino menghasilkan dua patung yang mencakup komisi patung baru, serta lanjutan karya singkat Sanpitak yang berjudul “Breast Stupa Cookery”.  Kedua patung ini menampilkan motif dada dan payudara perempuan yang dilapisi dengan pola Valentino Toile Iconographe yang ikonik. Motif dada dalam kedua patung ini juga merupakan simbol yang menyerupai monumen makam dan stupa yang dapat ditemukan di seluruh Asia Selatan dan Tenggara. Simbol ini juga diartikan sebagai bejana, tentang karunia dan kehidupan, sebagai mangkuk yang menampung air dan susu, serta representasi kelahiran dari tubuh seorang perempuan.

Karya kolaborasi Sanpitak dengan Maison Valentino akan dipajang di lobi The Warehouse Hotel Singapura dari tanggal 10 Januari sampai 25 Januari 2023. Setelah periode pemasangan, Maison Valentino akan mendonasikan hasil penjualan 'Breast Stupas Valentino' ke United Women Singapore, sebuah dana yang didedikasikan untuk pemberdayaan wanita dan kesetaraan gender.

CARRA NETHANIA
Foto: Valentino

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA