Mengenang Perjalanan KRATON dalam Pameran “force of subtleness”
Auguste Soesastro merayakan 15 tahun perjalanannya memadukan minimalisme dan arsitektur untuk melahirkan sebuah busana yang sarat akan nilai sejarah dan budaya
29 Aug 2023




Setelah sukses meluncurkan jenama KRATON hingga tampil di New York Fashion Week, Auguste Soesastro mempersembahkan pameran tunggal seni dan mode perdananya yang berjudul “force of subtleness” di Plaza Indonesia, Jakarta. Pameran yang dituliskan dalam Bahasa Jawa “Dayaningbudi" ini juga merupakan sajian Auguste yang memadukan mode, seni, pertunjukkan dan arsitektur. Menggandeng kurator ternama, Sadiah Boonstra, dan seorang arsitek berbakat, Danny Wicaksono, Auguste menceritakan kembali sejarah keluarga dan perjalanan hidup pribadi yang sarat akan pergulatan identitas, asimilasi budaya dan migrasi dalam pameran berskala besar ini. 

Pameran ini merupakan bentuk penilaian ulang akan koleksi terdahulu yang kemudian menjadi revisi akan rancangan terbarunya yang semakin inovatif. Pameran ini terbagi menjadi tiga tema terpisah yang saling terhubung, yaitu Njawani, Architecture, dan Minimalism. Bagian Njwani sarat akan budaya, gaya hidup dan falsafah orang Jawa dan kaitannya akan budaya peranakan serta keturunan pendatang. Auguste percaya lewat bekal pengetahuan sejarah transnasionalnya, dengan tetap menghormati tradisi, rancangannya dapat tetap terus berevolusi dan bereksplorasi secara bebas tanpa perlu terikat pada ideologi politik dan batasan lainnya. 

Sesuai dengan latar belakangnya, arsitektur menjadi jantung dari riset Auguste untuk menghasilkan sebuah konstruksi pakaian yang eksperimental. Auguste mendobrak batasan dan aturan dalam pembuatan pola pakaian konvensional, dengan metode dan teknik arsitektur yang pernah ia pelajari semasa studi di Australia. Sedangkan minimalisme merupakan esensi utama dari KRATON, dengan pemakaian pola tunggal yang menghasilkan tampilan busana yang bersih dan tidak mencolok, tetapi menyimpan kompleksitas pengerjaan yang tinggi dan melewati masa uji coba untuk mencapai kesempurnaan.

Dalam pembukaan pameran ini pengunjung disuguhkan dengan peragaan busana singkat yang diiringi dengan pertunjukan musik dan tari, yang dihadiri oleh beberapa seniman dan pakar bidang seni. Ada juga pop-up store yang memberikan berbagai penawaran eksklusif untuk koleksi KRATON.

 

Elizabeth Alicia Terisno

Editor: Carra Nethania

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA