Menginterpretasikan Kembali Reverso
Memeriahkan hari jadinya yang ke-90, Reverso Tribute Duoface Fagliano diproduksi secara terbatas sebanyak 190 buah.
30 Dec 2020



Mendekati hari jadinya yang ke-90 pada tahun 2021, Jaeger-LeCoultre menafsirkan ulang salah satu modelnya yang paling dikagumi, Reverso. Dikeluarkan dalam edisi terbatas, dengan dial berwarna burgundy, Reverso Tribute Duoface Fagliano memberikan penghormatan pada keindahan desain yang tak lekang oleh waktu.

Memadukan komplikasi zona waktu ganda dari Duoface dengan estetika murni koleksi Tribute, arloji baru ini dilengkapi dengan tali yang dirancang khusus dan dibuat dengan tangan oleh Casa Fagliano, pembuat sepatu bot polo Argentina yang keahliannya sudah diakui dunia.

Awalnya dikembangkan pada tahun 1994, Duoface menawarkan dua dial yang kontras, masing-masing menampilkan zona waktu yang berbeda, semua berkat calibre 854A / 2. Untuk menjaga integritas desain casing, zona waktu kedua disesuaikan dengan penggeser kecil yang disetel ke pita casing atas dan benar-benar tidak terlihat kecuali jika casing dilepaskan dan dibalik.

Pada dial depan, sesuai dengan desain asli Reverso, jam ditandai dengan indeks lurus, dua pada angka 12. Sementara trek melingkar dari tampilan detik kecil pada pukul enam memberikan titik tandingan ke geometri linier dari dial dan case. Bentuk persegi pada indeks dan dauphine pada jarum jam menambah kekayaan visual pada permukaan dial burgundy jam tangan ini.

Desain tombol putar balik menekankan fungsi antara lingkaran dan garis lurus, yang diperkuat dengan sentuhan akhir dekoratif yang kontras. Tekstur berbintik-bintik dari Clous de Paris guillochage kontras dengan sentuhan akhir opaline yang berkilau pada tampilan waktu tengah dan lingkaran kecil yang menampilkan indikasi siang-malam.

Kedua perlakuan dial diimbangi dengan warna hangat dari kotak emas merah muda yang juga dilengkapi dengan tali dua warna. Terinspirasi oleh sepatu bot kanvas dan kulit yang dibuat untuk polo musim panas, Casa Fagliano menggabungkan kulit cordovan dan kanvas untuk tali baru ini.

Dibuat pada tahun 1931, pada puncak periode Art Deco, Reverso dikembangkan untuk memenuhi tuntutan ‘sporting gentlemen' yang modis - khususnya, pemain polo. Integrasi bentuk dan fungsi dengan garis-garis yang rapi dan casing lipat, telah menjadi salah satu jam tangan yang paling dikenal di dunia.

Segera setelah diperkenalkan, Reverso diadopsi oleh para trendsetter dari semua lapisan masyaraka. Bahkan sebelum ulang tahun pertama Reverso, dial berwarna telah diperkenalkan, menciptakan kontras yang jelas dengan casing logam dan menambahkan nada semangat pada kesimetrisannya yang ramping. Edisi terbatas baru ini mengingatkan pada penggunaan awal warna, untuk lebih memperkaya cerita Reverso.

Reverso Tribute Duoface Fagliano adalah edisi terbatas  yang diproduksi sebanyak 190 buah. (NTF) Foto: Dok. Jaeger-LeCoultre

 

Author

DEWI INDONESIA