Modernisasi Tenun Ikat ala Desainer Inggris Martha Ellen
Koleksi terbaru Martha Ellen, desainer asal London yang jatuh cinta pada kain ikat Indonesia.

1 / 3

Desainer kelahiran London, Martha Ellen meluncurkan koleksi musim semi 2015 yang berbahan dasar tenun ikat karya para pengrajin lokal Indonesia. Martha jatuh hati pada ragam warna dari kain asli Indonesia, Ia memutuskan untuk fokus membuat label pakaian siap pakai yang mengkombinasikan karakter desainnya yang modern dengan kain ikat buatan tangan yang tradisional. Martha Ellen merancang sendiri motif dan warna tenunan, ia bekerja sama dengan sekelompok pengrajin di Bali yang menenun tiap helai benang secara konvesional. Ketebalan kain dibuat lebih tipis agar nyaman dikenakan sehari-hari di iklim tropis Indonesia.

“Salah satu objektif dari label ini adalah untuk membawa dampak positif bagi budaya lokal dengan menciptakan lapangan kerja yang menjunjung kebudayaan dan kerajinan lokal, sembari membuatnya mudah diterima pasar Internasional. Hal ini menjadi alasan saya dalam menggunakan  karya hasil selebrasi dari seni Tenun Ikat sebagai komponen utama desain saya,” jelas Martha Ellen.

Arsitektur tradisional dan landscape yang alami selalu menjadi inspirasi utama Martha Ellen. Salah satunya adalah keunikan arsitektur Bali yang mendasari bentuk potongan leher dan detil kantong dari beberapa busana. Siluet dari tiap pakaian dirancang agar pas dikenakan berbagai tipe tubuh wanita. Hasilnya adalah potongan yang trendi dan penuh gaya namun tetap klasik dan cocok dikenakan di berbagai pilihan acara. Pilihan busana yang nyaman dan elegan untuk wanita masa kini. (MT) Foto: Dok. Martha Ellen

 



JOIN OUR COMMUNITY