Praktik Upcycling oleh Peserta Lomba Perancang Aksesori 2022
Jakarta Fashion Week kembali mengadakan Lomba Perancang Aksesori (LPA 2022) untuk mencari perancang aksesori yang memiliki ide kreatif, orisinal, dan relevan dengan tema RE-SHAPE.
27 Oct 2022




Memasuki tahun ke-15, Jakarta Fashion Week (JFW) secara konsisten mengkurasi wajah masa depan mode Indonesia, melalui rangkaian kompetisi Lomba Perancang Mode (LPM), Lomba Perancang Mode Menswear (LPMM), Lomba Perancang Aksesori (LPA), penghargaan bagi jenama lokal inovatif - Fashion Force Awards, serta malam selebrasi karya perancang mode terbaik Indonesia, Dewi Fashion Knights (DFK). 

Tahun ini, Jakarta Fashion Week 2023 mengadakan Lomba Perancang Aksesori (LPA 2022) untuk mencari perancang aksesori yang memiliki ide kreatif, orisinal, dan relevan dengan tema RE-SHAPE. Konsep RE-SHAPE yang merupakan turunan dari tema JFW Fashion Reformation mengharuskan para peserta untuk melakukan praktik sustainable fashion (mode berkelanjutan), seperti memanfaatkan benda di sekitar (upcycling) agar menjadi produk aksesori dengan nilai baru yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. 

Tiga juri pun dipilih untuk menilai karya-karya yang diikuti dalam LPA 2022, yakni Rinaldy A. Yunardi (maestro perancang aksesori), Mardyana Ulva (editor majalah Dewi), dan Lisa Malonda (perwakilan Istituto Marangoni, pemilik Atlas Education & Representative of Istituto Marangoni in Indonesia). Penilaian dari LPA kali ini berasal dari banyak aspek, antara lain dari presentasi, pemilihan bahan, kualitas, korelasi dengan aspek keberlanjutan, kreativitas, orisinalitas, juga daya pakai dan daya jual.

Tahapan awal proses kurasi dalam LPA 2022 kali ini adalah para peserta diminta mengirimkan sketsa karya mereka secara daring terlebih dahulu, dan sebanyak 20 sketsa akhirnya dipilih untuk lanjut ke babak semifinal. Para peserta diharuskan mewujudkan sketsa mereka ke dalam karya nyata dan mempresentasikannya di hadapan juri. Para peserta banyak bereksplorasi dengan material yang digunakan, seperti menggunakan bahan dari bahan denim bekas, papan kayu bekas maket, dan kreasi material baru yang diformulasikan dari gelatin, sabun, tapioka, dan serbuk kayu.

Selanjutnya, para juri memilih 10 finalis yang terpilih untuk menampilkan karya mereka di panggung utama JFW 2023 pada Rabu, 26 Oktober 2022. Juri menetapkan Dyandrastra Mairavida dengan koleksinya bertajuk Lembang Sari sebagai juara pertama LPA 2022, dan mendapat hadiah utama kursus singkat di Instituto Marangoni, London. Juara kedua diraih oleh Veronica Ajeng Larasati dengan koleksi Kelingan, dan Ratih Swastika menyabet posisi ketiga dengan koleksi Prameswari. Rangkaian LPA 2022 kemudian dilanjutkan dengan fashion show koleksi dari Digo Design, pemenang LPA 2016.

Jakarta Fashion Week 2023 juga terlaksana berkat keikutsertaan dukungan dari Gouw, FoodstoryJanji Jiwa, Jumpstart Coffee, dan Nutriville. Selain ditampilkan secara tatap muka, Jakarta Fashion Week 2023 juga dapat disaksikan lewat live streaming yaitu JFW.TV, YouTube, Instagram, TikTok, Vidio.com, dan MAXStream. Lewat penayangan ini, diharapkan para penonton yang berasal dari luar Jakarta juga dapat merasakan kemeriahan pesta fashion yang kembali menyapa Tanah Air kita ini.

 

CARRA NETHANIA
Editor: Mardyana Ulva
Foto: Getty Images Jakarta Fashion Week

 

Author

DEWI INDONESIA