Puluhan Jenama Modest Lokal di Muffest 2023
Roadmap Fashion Muslim Indonesia tahun 2023 ditargetkan untuk penguatan networking dan connecting dengan terjun langsung dalam peta fesyen internasional.
14 Mar 2023


Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) serta Ditali Cipta Kreatif telah sukses menyelenggarakan Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2023 pada tanggal 7 sampai 10 Maret 2023 di The Westin Jakarta. MUFFEST+ tahun ini yang merupakan rangkaian road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2023 mengangkat tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+” dalam memperkuat kesiapan industri modest fashion Indonesia untuk merambah pasar internasional, dan mewujudkan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.

Dalam rangkaian penutupan acara ini, Lisa Fitria, Project Director MUFFEST+ 2023 menyampaikan laporan, “Selama empat hari penyelenggaraan MUFFEST+ 2023 tercatat telah mendatangkan sebanyak 12.358 pengunjung yang terdiri dari buyer B2B dan B2C. Perhelatan kolaboratif MUFFEST+ bersinergi dengan IN2MOTIONFEST ini merupakan jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan terkini industri fesyen muslim dan juga gaya hidup halal Indonesia. Semoga ikhtiar kita untuk memperluas kiprah fesyen muslim Indonesia di pasar global dan mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai sentra fesyen muslim dunia dapat tercapai di tahun 2024.” 
 

Melalui Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW), Kemendag turut mendukung penyelenggaraan MUFFEST+ 2023 dengan mempersembahkan fashion show sebagai rangkaian acara penutupan MUFFEST+ 2023 yang menghadirkan koleksi dari Jenahara, MUDA, Èl.Abrar by Mihalul Abrar, Jenna&Kaia, Barli Asmara, Archipelago Texture, Zeta Privé, Artkea Stripes & IKYK, dan Brilianto, serta perfoma dari penyanyi Tantri Kotak. Kegiatan ini sekaligus sebagai sosialisasi perhelatan JMFW 2024 pada 19-21 Oktober 2023 di ICE-BSD.

Pada hari terakhir perhelatan MUFFEST+ 2023 kembali dihadirkan parade keragaman gaya modest fashion Indonesia yang kali ini dari ISWI Fashion Academy, LYF, DS Modest, AFAS Hijab, Medina Official.IDN, Khediza, Najathelabel, Nada Puspita, Nila Purri, dan Aden Hijab. Kemudian ditampilkan pula koleksi dari ZM Zaskia Mecca, Zelmira SMK NU Banat Kudus, Bubu by Ranti Bubu, Batik Chic, Buttonscarves, dan ROSE.MA.LINA X SOFIE. 

Karya dari desainer Singapura, Terry Yeo dan Hayden NG turut diperagakan di runway MUFFEST+ 2023 pada hari terakhir ini. Sejalan dengan kiprah modest wear Indonesia di kancah global, perhelatan ini menghadirkan 8 international guest designers dari negara-negara tetangga, yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS). 

Sebanyak 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia turut berpartisipasi dalam MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 dengan mengeksplorasi pemakaian wastra Nusantara. Pada hari terakhir ini, Bank Indonesia kembali mempersembahkan fashion show dari koleksi hasil kolaborasi fashion designer dan UMKM yaitu KAYO by Fey Kayo X Batik Ciwaringin, Boolao, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Jember dan Sisikmelik Batik Gallery X Almira, Itang Yunasz, Sesasesa, Fatih Indonesia X Ramzi, Njonjah Poenja, Najua Yanti, Defika Hanum, Zoe Zoe by Sudarna Suwarsa, Ina Priyono, dan Irmasari Joedawinata X Kaywood. 

Foto: Muffest

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA