Seruan Kebaikan dari Danone Aqua Bersama Empat Praktisi Sustainable Fashion
Danone Aqua menggelar peragaan busana bersama Fbudi, Ika Vantiani, Kana Goods, Kreskros, dan Pijakbumi dalam menggalakan industri mode yang berkesinambungan
26 Oct 2019


Ayla Dimitri dan Kelly Tandiono menampilkan pakaian serta aksesori dari FBudi menggunakan bahan hasil daur ulang.

Serupa tapi tak sama, Felicia Budi pun menjalankan bagiannya dalam mendorong industri mode yang berkesinambungan. Ini ia lakukan dengan mempraktikkan mode sirkuler. Artinya, dalam proses produksi Felicia berusaha untuk sesedikit mungkin menghasilkan sampah pun dalam mengambil sumber daya baru. Felicia menjelaskan hal ini berkebalikan dengan linear fashion yang menggunakan model produksi konvensional yaitu mengambil sumber daya, memproduksi, menggunakan, dan membuang bekasnya.

Felicia memang mendaur ulang kembali material dari koleksi-koleksi lamanya dalam membuat koleksi baru. Termasuk dalam membuat koleksi yang ia tampilkan dalam peragaan “Innovation for Goodness” dari Danone-Aqua. Selain menggunakan material bekas koleksi lamanya, Felicia juga menggunakan material baru berupa, “Kain-kain yang sudah lama kami beli tapi belum sempat digunakan,” jelasnya.

Melakukan produksi sirkuler jelas bukan hal mudah. Keterbatasan material menjadi salah satu tantangan. “Karena bahannya kan terbatas, tetapi kita sebagai desainer tetap harus menghasilkan satu koleksi dengan narasi dan estetika yang utuh,” jelasnya.

Sejauh ini ia memang masih mengolah material bekas koleksi sendiri. Belum menggunakan material bekas dari desainer lain. Namun, ia pun kini sudah mulai bereksperimen dengan kain tafeta yang terbuat dari serat hasil daur ulang plastik. “Karena seratnya berbeda dengan serat alam, jadi saya memprosesnya untuk dijadikan tas karena material ini kurang nyaman jika dijadikan pakaian,” paparnya. Pun ketika dicuci bisa meninggalkan microplastik di air limbah cucian.

Perihal industri berkesinambungan memang satu persoalan dalam menjaga keseimbangan. “Sustainability bukan hal yang hitam-putih, bahwa satu cara itu baik dan yang lainnya buruk. Ini merupakan hal yang kompleks,” jelasnya.

Oleh karena itu ia pun menyatakan inovasi adalah prinsip yang mesti dipegang oleh para produsen untuk mewujudkan industri berkesinambungan. Inovasi untuk mencari dan mewujudkan keseimbangan antara sisi ekonomi, sosial, dan ekologi. (SIR). Foto: GCM Group.

 


Topic

JFW

Author

DEWI INDONESIA