Perjuangan Sang Iron Woman Inge Prasetyo Menempuh Haluan
Ritme perjalanan Inge Prasetyo yang kadang berkelok-kelok tanpa ia sangka telah membawanya pada sebuah tujuan di mana ia dapat menorehkan namanya dengan penuh bangga.
14 Jul 2020


 


Merupakan lulusan Chemical Engineering dari University of California, Amerika Serikat, selama 18 tahun Inge menjalani hidupnya di luar negeri. Kehidupannya dulu sangat berbeda jauh dari kegiatan olahraga yang kini mengisi hampir seluruh waktunya. Selesai kuliah, Inge memutuskan untuk berangkat ke Shanghai. Ia kemudian mengambil kerja paruh waktu di perusahaan produsen material mentah untuk flavor dan fragrance asal Inggiris, De Monchy Aromatics. Selama 10  tahun Inge menghabiskan waktunya layaknya wanita karier pada umumnya, masuk pada jam sembilan, pulang pada jam lima, dan sama-sama menghadapi problema kantor yang kadang sulit dihindari.

“Lama-lama, saya merasa ada sesuatu yang hilang dari hidup, saya tidak lagi merasa puas dan senang,” ucap Inge. Wanita yang kini memutuskan untuk benar-benar memfokuskan diri pada triatlon, bertekad untuk mencari kekosongan yang menghantuinya. Dari solo traveling hingga bergabung dengan komunitas dan mencari teman dengan hobi yang berbeda-beda ia jalani untuk mencari tujuan yang pada waktu itu masih belum ia temukan. Pencarian jati diri, begitu ia menyebutnya.

Rasa cinta pada olahraga ekstrim bermula dari rasa jenuh ini. Memutuskan bergabung dengan sebuah komunitas lari di tahun 2014, ia tak pernah menyangka sebuah ide iseng untuk mengisi kejenuhan malah membawanya pada sesuatu yang ia sangat gemari. Inge bahkan mendapatkan teman-teman baik yang hingga sekarang turut menemaninya dan mendukungnya di setiap langkah.

Pengaruh teman-teman sekitar juga mungkin ya, awalnya ikut-ikutan lomba 5K atau 10K lalu tiba-tiba jadi maraton. Setelah maraton ada ajakan, ‘Sepedaan yuk’. Ya, jadi lama-lama ikut lomba triatlon kecil-kecilan,” jelas nge. Di umurnya yang saat itu sudah memasuki kepala tiga, ia justru menemukan kenikmatan dari lomba-lomba yang diikutinya. Meskipun sebenarnya, ini bukan lomba triatlon pertama yang ia ikuti.

 

 


Topic

Profil

Author

DEWI INDONESIA