Glamorama Parade Eco-Fashion Humbang Kriya x Purana dan Windy Chandra
Humbang Kriya bersama Purana dan Windy Chandra mengusung konsep Eco Fashion bertema 'Laboring LOVE, Weaving HOPE' untuk koleksi di Jakarta Fashion Week 2020.


2 / 19

Konsep eco-fashion yang diusung oleh pegiat kain asal Sumatra Utara Humbang Kriya telah dipresentasikan pada gelaran Jakarta Fashion Week, dengan menampilkan 34 look dari kolaborasi bersama Purana dan 14 look dari Windy Chandra.

Koleksi tersebut dihasilkan dari olahan beberapa jenis kain dari Humbang Shibori, Humbang Batiq, Tenun Songket Humbang, hingga jenis EcoPrint. “Kami ingin menampilkan tema Laboring Love, Weaving Hope untuk menunjukkan bahwa kegiatan corporate social responsibility dapat membantu para pegiat karya Humbang Kriya,” tulis mereka dalam catatan koleksi kali ini.

Pada koleksi Windy Chandra, nampak bermain halus dengan volume yang juga dipadankan oleh detail-detail permata dan bros di bagian atas hingga menjulur ke bawah pinggang.

Pola warna pada koleksi ini dapat diilustrasikan sebagai ragam suasana musim gugur pada pagi dan malam hari. Cokelatnya daun gugur hingga biru abu yang melekat dengan tenang. Penggambaran cinta dan harapan, sesuai tema yang dibawakan, mampu tersampaikan dengan elegan dalam keempatbelas paduan ini.

Gaya resort yang ditampilkan oleh kedua koleksi, mampu berjalan searah dengan kilas warna yang natural dan tetap tampil dengan sangat relax. Keputusan Humbang untuk bekerja sama dengan Windy adalah salah satu bentuk perwujudan ragam inovasi dari olahan kain oleh para desainer.

Kain yang digunakan dalam koleksi ini, ditampilkan tanpa aplikasi yang berujung kesia-siaan. Dengan beberapa kombinasi dari bahan satin, duchesse, tulle, dan kaca—koleksi ini menggambarkan siasat bahwa kesederhanaan dan kerumitan turut dituangkan bersamaan dalam penampilan.

Sedangkan, untuk Purana, pemilihan warna yang konsisten membuat tema yang diadaptasi yakni ‘Roots’—atau yang diartikan ‘semua kembali ke akar, yaitu alam’ dapat ditampilkan dengan ragam warna biji buah-buahan eksotis.

Terlebih, yang dimaksud dengan pengusungan eco-fashion oleh Humbang Kriya adalah kesadaran akan perlunya menjaga lingkungan, dapat mendorong aktivitas konsumen dalam memakai produk mode yang ramah dengan lingkungan.

Konsep tersebut diadaptasi oleh banyak desainer tahun ini dan Humbang Kriya menyambut inisiasi tersebut sebagai bentuk pelayanannya terhadap para konsumen. (FH)
 

 


Topic

Jakarta Fashion Week

Author

DEWI INDONESIA