5 Latihan Sederhana untuk Atasi Sakit Punggung
Ease your lower back pain with these simple exercises
30 Jul 2020



Pelvic Tilt
Pelvic Tilt adalah salah satu latihan sederhana untuk melatih otot punggung Anda sekaligus menjaga fleksibilitasnya. Anda bisa melakukan latihan ini dengan terlebih dulu rebahan di lantai yang rata. Letakkan tangan tepat di sisi tubuh. Lekuk natural tulang belakang akan membuat punggung Anda sedikit terangkat dari lantai.

Perlahan-lahan, bengkokkan bagian punggung bawah Anda dan dorong bagian perut keluar untuk menstabilkan core. Tahan selama 5-10 detik, lalu rileks.

Kemudian dorong sedikit panggul Anda ke bagian atas, tetapi pastikan panggul tidak terangkat dari lantai. Dalam proses ini Anda akan merasakan bagian bawah punggung Anda menekan lantai. Tahan selama 5-10 detik, dan rileksasi. Ulangi sebanyak 10-15 kali dalam sehari bagi pemula, dan tingkatkan frekuensinya hingga 25-30 kali dalam sehari.


Partial Crunches
Gerakan ini bisa membantu Anda menguatkan otot punggung bagian bawah dan otot perut. Cara melakukannya adalah dengan rebahan di lantai sembari menekuk lutut. Kemudian taruh tangan Anda di belakang kepala atau silangkan di bagian dada, angkat bahu Anda perlahan dari lantai.

Pastikan otot perut tetap terasa kencang. Atur napas dengan mengembuskannya saat mengangkat bahu. Ingat, hindari mengangkat tubuh dengan menggunakan siku atau mendorong leher dengan tangan untuk mengangkat tubuh.

Tahan posisi tubuh Anda yang setengah terangkat selama satu detik, dan turunkan lagi. Ulangi hingga 12 kali dan ingat untuk melakukannya dengan tepat untuk mencegah stress pada tulang belakang Anda. Kuncinya dengan menjaga tulang ekor, kaki dan punggung bagian bawah Anda tetap di lantai selama latihan.

 

 


Topic

Health

Author

DEWI INDONESIA